Polres dan PWI Langkat Deklarasi Anti Hoax

Harian 9 author photo
Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin, bersama dengan insan pers yang bertugas di Kabupaten Langkat, di aula Wira Satya Mapolres Langkat,  Selasa (13/3) pagi. (Foto: Ist./Hermansyah)


LANGKAT| HARIAN9
Polres Langkat bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat, dan insan pers yang bertugas di Kabupaten Langkat, menggelar deklarasi anti hoax di aula Wira Satya Mapolres Langkat,  Selasa (13/3) pagi

Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kesediaan rekan pers yang mau meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan deklarasi anti hoax.

Diharapkannya, silaturahmi antara jajaran Polres Langkat dan insan pers terus berjalan dan terjalin lebih erat lagi, demi menciptakan dan meningkatkan situasi kamtibmas yang semakin kondusif  diwilayah hukum Polres Langkat.

Lebih lanjut dikatakannya, deklarasi anti hoax dilakukan guna menghindari pemberitaan atau isu yang belum benar kepastianya,  dimana saat ini kerap terjadi pemberitaan maupun isu terkait situasi dan keadaan yang tidak benar adanya atau hanya omongan kosong,  yang dapat menimbulkan dampak negatif.

Untuk Kabupaten Langkat sendiri saat ini sedang menjalani tahapan pilkada, kerawanan kerawanan dapat saja terjadi, hendaknya kita senan tiasa secara bersama menjaga situasi agar selalu kondusif.

"Media dan Polres Langkat merupakan simbiosis metabolisme, mari kita pertahankan dan pererat silaturahmi yang sudah terjalin, secara bersama kita jaga kondusifitas kamtibmas khususnya diwilayah hukum Polres Langkat," pungkasnya.

Ketua PWI Langkat Hery Putra Ginting, mengapresiasi kegiatan deklarasi anti hoax yang diprakarsai Polres Langkat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Polres Langkat khususnya Kapolres Langkat yang memprakarsai deklarasi anti hoax," ujar Hery.

Pada kesempatan tersebut, dihimbaunya, hendaknya insan pers dalam membuat atau menyampaikan berita sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), terkhusus bagi anggota PWI Kabupaten Langkat.

Ditambahkannya, seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, semakin cepat pula informasi yang didapat masyarakat luas, tentunya hal ini dapat menimbulkan hal negatif.

"Untuk itu hindarkan opini dalam menulis berita dan sampaikanlah sesuai dengan fakta dan kondisi dilapangan serta jangan lupa adanya konfirmasi, sehingga isi pemberitaannya seimbang," ujar Hery.

Diakhir kegiatan, rekan pers yang turut serta dalam kegiatan tersebut secara bersama mengikrarkan deklarasi anti hoax,  anti kebencian dan anti sara yang dipimpin langsung Ketua PWI Langkat Hery Putra Ginting.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penanda tanganan deklarasi hanti hoax secara bersama-sama oleh Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin dan Ketua PWI Langkat Hery Putra Ginting serta perwakilan dari media cetak, elektronik dan online. (HS9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar Anda

Berita Terkini