PRESS CONFERENCE TEMUAN OT ILEGAL DAN OBAT DAFTAR G

Harian 9 author photo
Kepala BBPOM di Banjarmasin Dr. H. Muhammad Guntur didampingi Kabid Pemeriksaan & Penyidikan Dra. Mahdalena, Apt, M.Si, mengadakan press conference terhadap hasil temuan operasi pemberantasan obat tradisional (jamu) ilegal & obat keras daftar G di gudang penyimpanan di Martapura, Jumat 16 Maret 2018.  (Foto: bpom)


BANJARMASIN| HARIAN9
Bertempat di aula, Kepala BBPOM di Banjarmasin Dr. H. Muhammad Guntur didampingi Kabid Pemeriksaan & Penyidikan Dra. Mahdalena, Apt, M.Si, mengadakan press conference terhadap hasil temuan operasi pemberantasan obat tradisional (jamu) ilegal & obat keras daftar G di gudang penyimpanan di Martapura, Jumat 16 Maret 2018.  

Penyidik PNS Balai Besar POM di Banjarmasin berhasil menyita Jamu Ilegal dan Obat Keras Daftar G senilai 1,257 milyar rupiah dari 2 gudang ilegal di Martapura (10-12/3/2018).

“Jumlah barang yang disita yakni obat tradisional ilegal sebanyak 66.151 pcs seperti madu klanceng asem urat dan pegal linu, jamu chang san, jamu africa black ant. Jika dirupiahkan, harga barang ilegal tersebut mencapai Rp.596 juta. Bahkan, ada juga puluhan koli obat keras daftar G sebanyak 831.905 pcs yang jika diuangkan sebesar Rp.660 juta,” ucap Dr. Muhammad Guntur yang baru seminggu menjabat sebagai Kepala BBPOM Banjarmasin didampingi Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan Dra. Mahdalena, M.Si., Apt.

Tindak lanjut terhadap temuan tersebut adalah Pro Justisia dan PPNS akan meminta keterangan saksi dan tersangka untuk pengembangan kasus ini, sehingga diketahui sumber perolehan obat tradisional ilegal serta obat daftar G yang diperdagangkan secara tidak benar.

Balai BBPOM di Banjarmasin berkomitmen untuk melindungi masyarakat Kalimantan Selatan dari peredaran dan penyalahgunaan obat dan makanan ilegal. 

Himbauan kepada masyarakat adalah jadilah masyarakat yang cerdas, waspada terhadap obat dan pangan ilegal, produk palsu, produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, serta belilah produk obat dan pangan legal di sarana distribusi legal. (bpom/03)
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar Anda

Berita Terkini