Progres Pendampingan ORI Difteri Wilayah Kodim 0824

Harian 9 author photo
(Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9 
Upaya Pemerintah Daerah dalam rangka pencapaian 100 persen imunisasi kepada generasi muda usia 1-19 tahun merupakan hak generasi muda untuk mendapatkan perlindungan dari serangan penyakit yang membahayakan yaitu penyakit Difteri mendapatkan dukungan dari Kodim 0824 Jember.

Hal tersebut terlihat dari setiap pelaksanaan pemberian Imunisasi ORI Difteri di berbagai sekolah di tingkat desa seluruh wilayah Kabupaten Jember mendapatkan  pendampingan dari Babinsa. Hal tersebut tentunya di samping turut memberikan pemahaman kepada masyarakat tentunya bermanfaat bagi Komunikasi Sosial Babinsa dengan masyarakatnya. 

Progres pencapaian hingga (16/03/2018) Pukul 11.00 WIB dari data online Dinas Kesehatan di 170 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) serta di 50 Sekolah capaian pemberian imunisasi sebagai berikut: Usia 1-5 tahun 102.161 orang/anak, usia 5-7 tahun 80.196 orang/anak, Usia 7-19 tahun 305.622 orang/anak dengan jumlah keseluruhan 487.979 orang/anak atau 71 persen dari keseluruhan 680 ribu orang anak lebih.

Dari jumlah tersebut petugas medis dari Puskesmas yang melayani sebanyak  175 orang dan TNI yang melaksanakan pendampingan dalam hal ini Babinsa sebanyak 175 orang.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan anggotanya tersebut semata-mata dalam rangka turut membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat mungkin ada yang belum memahami apa maksud diberikannya imunisasi ini.

Kami Kodim 0824 Jember sangat konsen sekali dengan pendampingan tersebut karena hal tersebut sebagai bagian dari perlindungan generasi muda Bangsa Indonesia dari serangan wabah difteri yang saat ini menyerang diberbagai wilayah kabupaten di luar Jember.

Jember ini belum termasuk endemi berat sehingga tidak masuk daerah KLB (Kondisi Luar Biasa) namun demikian perlu langkah-langkah antisipatif yang cepat dan tepat sehingga generasi kita terlindung dari penyakit difteri, untuk itu dalam kesehariannya anggota selalu mendampingi tim medis untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak usia 1-19 tahun diwilayahnya. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini