Puskesmas Pargarutan Wakili Tapsel Lomba IVA Test

Harian 9 author photo

Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu memberikan arahan kepada peserta sosialisasi IVA Test di aula Kantor Camat Angkola Timur Kabupaten Tapsel, Rabu (21/3). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Puskesmas Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ditetapkan mewakili Kabupaten Tapsel sebagai Puskesmas yang diikutsertakan mengikuti lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018.

“ Ditetapkan Puskesmas Kecamatan Angkola Timur untuk lomba IVA Test Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018 berdasarkan Keputusan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, “ ujar Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu saat melakukan sosialisasi IVA Test di aula Kantor Camat Angkola Timur Kabupaten Tapsel, Rabu (21/3/2018).

Sosialisasi tersebut dihadiri Camat Angkola Timur Darwin Dalimunthe, Ketua TP PKK Kecamatan Angkola Timur, Kabag Sumda Polres Tapsel Kompol Hakimuddin, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Tapsel, diwakili dr. Sri Khairunnisa, Kepala UPTD Puskesmas Pargarutan dr Dumasari Daulay, Kepala Desa/Lurah, PPL KB, dan Bidan Desa se-Kecamatan Angkola Timur.

Dalam arahannya, Ketua TP PKK Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul mengatakan, kebijakan pelaksanaan program IVA Test diawali dengan pembuatan surat edaran mulai dari Dinas Kesehatan sebagai sebagai koordinator penanggungjawab kegiatan IVA Test yang ditujukan kepada Puskesmas. Selanjutnya kepada seluruh Lurah/Kepala Desa untuk diedarkan kepada masyarakat tentang pentingnya pelaksanaan IVA Test.

Untuk itu dia menginginkan peran aktif dari Camat, Lurah, dan Kepala Desa se-Angkola Timur agar berperan aktif memotivasi masyarakatnya untuk mengikuti pelaksanaan IVA Test dan diharapkan nantinya Puskesmas Pargarutan bisa meraih Juara I di Tingkat Provinsi Sumut.

Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul menambahkan, peran yang paling utama dijalankan adalah dengan mendorong para istri Lurah dan Kepala Desa sebagai orang yang pertama melakukan IVA Test, kemudian para pengurus PKK Desa/Kelurahan serta bidan desanya masing-masing. Dengan demikian dapat dengan mudah mengajak masyarakat untuk melaksanakan program IVA Test tersebut.

“ Penunjukan Kader IVA Test yang sudah terlatih, juga sangat membantu dalam pelaksanaan program tersebut. Kader IVA Test bisa dilaksanakan oleh bidan di Desa masing-masing dengan membuat SK Kader IVA Test,  “ tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Tapsel diwakili dr. Sri Khairunnisa menjelaskan pentingnya pemeriksaan kesehatan deteksi dini kanker payudara, deteksi dini kanker leher rahim dengan metode inspeksi visual asetat.  

dr Sri juga mengapresiasi Ketua TP PKK Tapsel karena telah pro aktif mensosialisasikan pentingnya pelaksanaan IVA Test, apalagi bahaya dari kanker payudara dan kanker serfiks (rahim) yang saat ini di indonesia telah merenggut satu nyawa setiap jamnya.  (Wan9)




Komentar Anda

Berita Terkini