Ratusan Ibu-Ibu Di Paluta Diberikan Pemahaman Kamseltibcar Lantas

Harian 9 author photo
Sosialisasi Kamseltibcar Lantas bagi ibu-ibu pengendara oleh Dishub Paluta di aula kantor Camat Batang Onang, kecamatan Batang Onang, Kamis (15/3) lalu. (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ridwan Efendy Daulay SSTP diwakili Sekretaris Aris Muda Dongoran saat membuka kegiatan sosialisasi tentang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di aula kantor Camat Batang Onang, Kamis (15/3) lalu.

Pengetahuan dan pemahaman tentang rambu dan  kesiapan dalam berlalu lintas akan memberikan ketertiban dan keamanan dalam berkendara di jalan raya.

Sosialisasi yang bekerjasama debgab pihak kepolisian dari unit Lantas Polres Tapsel ini diikuti oleh ratusan kaum ibu-ibu ini digelar secara berkelanjutan di 3 kecamatan yakni di kecamatan Batang Onang, kecamatan Portibi dan kecamatan Dolok dengan menghadirkan narasumber Kasat Lantas Polres Tapsel yang diwakili oleh personil Lantas Aiptu H Taufik Manullang serta kasubbag umum pada Dishub Paluta Hennery Siregar serta siraman rohani dari ustadz Edi Mikriadi Siregar SPdi.

Kepala Dishub Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP melalui Sekretaris Aris Muda Dongoran mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan khususnya kepada kalangan ibu-ibu pengendara tentang Kamseltibcar Lantas agar nantinya tercipta kondisi tertib lalu lintas demi kenyamanan seluruh masyarakat pengguna jalan.

Lanjutnya, sosialisasi ini dianggap sangat penting mengingat banyaknya kalangan ibu-ibu yang menjadi pengendara sepeda motor untuk bekerja atau keperluan lainnya. Dan dengan mengetahui tata cara tertib berlalu lintas maka hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara bisa di minimalisir.

"Untuk keselamatan di jalan ibu-ibu juga harus patuh dan taat terhadap peraturan lalu lintas, jadikan keselamatan sebagai kebutuhan serta jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Dan nantinya ibu-ibu peserta dapat menjadi contoh bagi anak-anaknya bagaimana berkendara dan berlalu lintas yang baik demi keamanan seluruh pengguna jalan," katanya.

Dikatakannya, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara berkelanjutan di 3 kecamatan yakni kecamatan Batang Onang, kecamatan Portibi dan kecamatan Dolok yang menargetkan peserta sebanyak 450 orang kaum ibu-ibu. 

Selain diberikan pemahaman tentang aturan berlalu lintas, peserta juga diberikan pemahaman rohani tentang kaitan mematuhi aturan dengan hukum agama yang disampaikan oleh ustadz Edi Mikriadi Siregar SPdi.

Untuk itu, diharapkannya,  dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta dalam berlalu lintas sehingga nantinya tercipta ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang aman demi keselamatan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan.

Sementara, personil kepolisian unit Lantas Polres Tapsel Aiptu H Taufik Manullang yang bertindak sebagai narasumber saat memaparkan tentang teori dasar safety riding dan etika dalam berlalu lintas menyampaikan bahwa etika berlalu lintas adalah perilaku tata cara berlalu lintas di jalan unum secara baik dan benar, menghormati pemakai jalan lain serta tidak menimbulkan bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dengan menerapkan etika berlalu lintas dan mengikuti norma-norma yang ada dalam masyarakat akan mendorong pemakai jalan untuk melaksanakan kewajibannya dengan baik dalam berlalu lintas.

"Terapkan etika berlalu lintas dan norma yang ada dalam berkendara, akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi kita dan pengguna jalan lainnya," ujarnya.

Untuk itu, ia menghimbau para ibu-ibu mematuhi aturan dan disiplin berlalu lintas dengan cara mematuhi aturan dan melengkapi kelengkapan jenderaan seperti helm, spion dan kelengkapan lainnya serta mematuhi aturan seperti tidak membonceng melebihi kapasitas, tidak mengendarai kenderaan dengan kecepatan tinggi yang dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya serta sejumlah peraturan berlalu lintas lainnya.

Ditambahkannya, para peserta juga diharapkan nantinya dapat menjadi pelopor pengendara yang baik dan patuh terhadap aturan berlalu lintas yang berlaku.

"Jadilah ibu-ibu pengendara yang baik dan pelopor tertib berlalu lintas bagi masyarakat," pungkasnya. (kadek9)
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar Anda

Berita Terkini