Sarmadan Hasibuan: "Saya Berupaya Berikan Yang Terbaik Untuk Kota Padangidimpuan"

Harian 9 author photo
Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr H Sarmadan Hasibuan SH MM. (Foto: Riswandy)


PADANGSIDEMPUAN| HARIAN9
Sejak dilantik dan diberi amanah menjadi Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan oleh Gubernur Sumatera Utara, DR. H. Sarmadan Hasibuan, SH, MM akan tetap berupaya untuk mewujudkan pembangunan di berbagai sektor di Kota Padangsidimpuan.

“ Meskipun hanya beberapa bulan di beri amanah untuk memimpin Kota Padangidimpuan, saya beserta seluruh jajaran akan tetap berupaya berbuat yang terbaik untuk masyarakat Kota Padangsidimpuan, “ ujar Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H. Sarmadan Hasibuan, SH, MM di ruang kerjanya, Jum,at (23/3)

Menurut Sarmadan, sejak dalam menjalankan amanah sebagai Pj. Walikota Padangsidimpuan, ia diberi tugas pokok sama seperti Walikota definitive, yakni menjalankan roda pemerintahan dan ditambah tugas lain yakni mengawal dan memfasilitasi penyelenggaran Pilkada serentak baik itu Pilgubsu maupun Pilwalkot di Kota Padangsidimpuan  agar berjalan dengan aman dan lancar.

“ Demi lancarnya roda pemerintahan dan suksesnya Pilkada serentak ini, tentunya kami harus tetap menjalin koordinansi dengan Legislatif dan seluruh elemen masyarakat, Forkominda, KPU, Panwas, Pers, LSM dan stake holder lainnya hingga diperoleh pemimpin pilihan rakyat yang diharapkan mampu menahkodai Kota Padangsidimpuan lebih baik lagi kedepan, “ terangnya.

Oleh sebab itu, Sarmadan yang juga Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara ini menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemko Padangsidimpuan untuk bekerja dengan baik, lebih cermat dan bisa melayani masyarakat Kota Padangsidimpuan dengan sebaik-baiknya.

Ia juga mengakui bahwa pada Tahun Anggaran (TA) 2018 ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padangsidimpuan sangatlah minim. Walau demikian, dengan anggaran yang ada, Pemko Padangidimpuan tetap melakukan pemerataan pembangunan di segala sector di 6 Kecamatan dan 79 Desa / Kelurahan di Kota Padangsidimpuan dan juga tidak lupa  tetap memperhatikan kesejahteraan ASN dengan memberikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi seluruh ASN di jajaran Pemko Padangidimpuan, yang anggarannya juga ditampung dalam APBD.

“ Saya telah berikan arahan kepada setiap Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padangidimpuan yang memiliki program kegiatan pembangunan agar dilakukan secara merata dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, “ terangnya.

Terkait dengan program pembangunan fisik yang akan dilaksanakan Pemko Padangsidimpuan pada TA 2018 ini, Sarmadan juga optimis bisa merobah ‘wajah’ Kota Padangsidimpuan mulai dari pedesaan hingga pusat kota menjadi lebih baik.

Seperti jalan-jalan yang sudah rusak dan sudah lama tidak ada perbaikan, tentunya sangat diharapkan masyarakat di pinggiran Kota untuk dijadikan perhatian serius oleh pemerintah saat ini, sehingga masyarakat dalam beraktifitas berjalan sebagaimana mestinya tanpa terhambat sedikitpun.

“ Dengan dana yang minim ini Pemko Padangsidimpuan harus bijak dan bisa memanfaatkannya untuk pembangunan prioritas dan hal-hal yang mendesak seperti pembangunan infrastuktur jalan Kota terutama yang berada di pinggiran kota, maupun pembangunan fasilitas umum lainnya. Hal ini harus berjalan sesuai harapan mengingat sebagian wilayah khususnya di daerah pinggiran kota yang butuh pembangunan insfrastruktur untuk lancarnya roda perekonomian masyarakat, “ paparnya.

Disamping itu juga ada beberapa ruas jalan protocol berstatus jalan Propini maupun jalan Nasional yang kondisinya cukup parah. Tentunya kami melakukan upaya lobbi dan berkoordinasi dengan Balai Pemeliharaan Jalan Nasional (BPJN) maupun pihak Dinas Bina Marga Propinsi Sumut agar jalan-jalan yang rusak dapat segera dilakukan perbaikan.

Untuk Kota Padangsidimpuan sendiri katanya, ada tiga arah ruas jalan berstatus jalan Nasional yang melintasi Kota Padangidimpuan yakni dari arah Barat yakni mulai dari batas Kota Desa Maria Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru hingga pusat Kota di Tugu Salak Siborang, kemudian dari arah Timur mulai dari Batas Kota Desa Simirik Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua hingga pusat kota pada titik Tugu Perjuangan Siborang dan  sebelah Tenggara mulai batas Kota Desa Manegen Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara hingga pusat kota pada titik Tugu Perjuangan Siborang.

Kemudian untuk ruas jalan Propinsi juga ada tiga titik yang perlu perbaikan dan pelebaran jalan seperti Jalan Tengku Rizal Nurdin (By Pass) mulai dari Batunadua hingga Pijor Koling, Jalan Propinsi Jurusan Hutaimbaru hingga Batunadua dan jalan Propinsi Jurusan Desa Hanopan hingga Hutaimbaru.

“ Saya  coba cek ke BPJN dan Dina Bina Marga, ternyata TA 2018 tidak semeterpun ada pembangunannya, sementara kondisi jalan sudah banyak yang berlobang. Tapi dengan upaya yang kita lakukan, saya bermohon, bagaimana supaya agar jalan-jalan berstatus jalan Nasional yang ada di Kota Padangsidimpuan bisa diperbaiki dan Alhamdulillah BPJN meresponnya dengan memperbaiki sepanjang 2 kilometer jalan Nasional di Kota Padangsidimpuan yang dialihkan sebahagian dari proyek Jalan Nasional di Kabupaten Tapsel dan Kota Sibolga, dan saat prosesnya sedang tender, ” katanya.

Demikian juga dengan status jalan Propinsi di Kota Padangsidimpuan, Sarmadan yang juga Kepala Badan (Kaban) Pengelolalan Pajak dan Retribusi Daerah (P2RD) Propinsi Sumut brupaaya bagaimana jalan-jalan Propinsi yang ada di Kota Padangsidimpuan juga dapat diperbaiki.

“ Kusus Jalan Propinsi jurusan Batunadua ke Pijorkoling (By pass), tahun ini mudah-mudahan akan diperbaiki dan, tahun 2019 saya juga sudah meminta supaya peningkatan jalan Propinsi dari Hanopan ke Hutaimbaru terus dilanjutkan dalam rangka membuka akses jalan di Kota Padangsidimpuan, ” tutupnya (Wan9)




Komentar Anda

Berita Terkini