Tangkap Tiga Tersangka, Polisi Amankan 1,9 Kg Ganja

Harian 9 author photo
Tiga tersangka pengedar ganja saat diamankan di Mapolres Tapsel, Selasa (27/3). (Foto: Riswandy).


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Personil satuan Resere Narkotika dan Obat (Sat Resnarkoba) Kepolisian Resort (Polres) Tapanuli Selatan (Tapsel) bekerjasama dengan Polsek Padang Bolak menangkap tiga tersangka diduga pengedar narkotika jenis ganja di salah satu rumah makan di Lingkungan I Kelurahan Pasar Gunungtua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Selasa (27/3), sekira pukul 12.00 WIB.

Ke tiga tersangka yang ditangkap tersebut masing-masing, APN (30), warga Desa Gunungtua Julu Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Paluta, KB (33) warga Desa Bangun Purba Kecamatan Lembah Sorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan AML (41), warga Desa Hutaimbaru Gunung Baringin Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Madina.

Dari ke tiga tersangka, polisi mengamankan barang bukti narkotika jenis ganja seberat 1,9 kg yang dibungkus dalam plastik assoy warna hitam, satu buah tas sandang warna biru dan satu unit sepeda motor merk Ceria Nomor Polisi BB 3917 RF.

Kapolres Tapsel AKBP. M. Iqbal Harahap, S.Ik, M.Si yang dikonfirmasi melalui Kasat Resnarkoba Polres Tapsel AKP. Zulfikar, SH, Kamis (29/3) membenarkan penangkapan terhadap tiga tersangka diduga pengedar narkotika jenis ganja di wilayah hokum Polres Tapel tepatnya di Kabupaten Paluta.

Menurut Kasat, penangkapan berawal saat personil Polsek Padang Bolak mendapat informasi dari masyarakat, bahwa akan ada transaksi jual beli narkotika jenis ganja yang dibawa dari Kabupaten Madina di salah satu rumah makan di Lingkungan I Kelurahan Pasar Gunungtua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Paluta.

Mendapat informasi tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan sesuai yang diinformasikan masyarakat. Tidak berapa lama, petugas mengamankan tersangka AML. Dari hail pengembangan, AML mengakui kalau ia sedang menunggu temannya KB untuk transaksi ganja yang akan dibawa tersangka KB.

Sekira pukul 15.00 WIB tersangka KB langsung diamankan dan dari keterangan tersangka KB bahwa ganja miliknya sudah diberikan kepada tersangka APN dan seketika itu juga petugas mengamankan APN di rumahnya.

Saat dilakukan penggeledahan di dalam rumah APN, petugas menemukan bungkusan ganja seberat 1,9 kg, dimana ganja tersebut dibelinya dari AML dan KB warga Kabupaten Madina untuk diedarkan di Kabupaten Paluta.

Usai mengamankan ke tiga tersangka dan barang bukti, petugas memboyong ke tiga tersangka ke Sat Resnarkoba Mapolres Tapsel di Padangidimpuan guna menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Ke tiga tersangka sudah kita lakukan proses pemeriksaan dan untuk sementara mereka kita jebloskan ke ‘hotel prodeo’ Mapolres Tapsel,“ ujar Kasat, tanpa menjelaskan pasal-pasal berapa yang akan menjerat ke tiga tersangka terebut. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini