142 Pelajar SMA Sederajat Ikuti Seleksi Calon Anggota Paskibra Paluta Tahun 2018

Harian 9 author photo
Suasana proses seleksi calon anggota Paskibra Paluta tahun 2018 di halaman kantor Dispora Paluta, Kamis (5/4). (Foto: Akhir S Rambe)

PALUTA| HARIAN9
Sebanyak 142 pelajar putra-putri tingkat SMA sederajat ikuti seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang digelar oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) di halaman kantor Dispora Paluta, Kamis (5/4).

Upacara pembukaan tahapan  seleksi  calon  anggota Paskibra Paluta tahun 2018 tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dispora Paluta  Bikrul Munawar Harahap SE MSi  serta di ikuti 142 pelajar putra dan putri dari SMA/SMK/MA negeri dan swasta se-Kabupaten Paluta dan  akan bersaing untuk masuk menjadi 52 anggota Paskibra Kabupaten Paluta tahun 2018.

Turut hadir dalam upacara tersebut oleh Danramil 05 PB Kapten (CZi) Pahlawan Nasution, pendamping dari masing masing sekolah dan seluruh kepala bidang di Dispora Paluta.

Kabid Pengembangan Pemuda pada Dispora Paluta Awaluddin Djamin Harahap SSos yang berperan sebagai  ketua panitia seleksi menyampaikan, seleksi dijadwalkan berlangsung selama tiga hari dan akan di bagi dalam 3 tahapan.

"Untuk seleksi tahap I adalah  tes kesehatan yang dilaksanakan hari ini  dan selanjutnya  seleksi tahap II Samapta atau tes Fisik yang akan dilaksanakan hari kedua dan tahap III atau tahap  terakhir tes tertulis dan wawancara pada hari  terakhir,'' jelasnya.

Lebih lanjut Awal  menyampaikan, seleksi tahap pertama sampai terakhir di ikuti oleh seluruh calon anggota Paskibra yang berjumlah 142 pelajar dari SMA sederajat yang ada di daerah Paluta.

Katanya, dari 142 orang peserta tersebut, hanya 52 orang nantinya yang akan dinyatakan lolos untuk dibina menjadi Paskibra kabupaten Paluta serta mengikuti seleksi anggota Paskibra tingkat Provinsi Sumut dan tingkat Nasional ditahun 2018.

"Pengumuman 52 orang yang dinyatakan  lolos  sebagai anggota Paskibra akan disampaikan langsung kesekolahnya masing masing, nantinya akan dibina dan dilatih oleh  Personil Koramil 05 PB bersama anggota  Purna Paskibra Paluta," jelasnya.

Diisamping itu, ia juga berharap tahun ini  ada anggota Paskibra Paluta yang lolos menjadi  anggota Paskibra  ditingkat provinsi Sumut dan juga tingkat nasional. 

Dilokasi yang sama, Ketua Purna Paskibra Kabupaten Paluta Heri Pranata Harahap  mengatakan, seleksi tahap pertama meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, bentuk tubuh dan wajah serta pemeriksaan  kesehatan. 

Khusus untuk tinggi badan untuk perempuan minimal 165 cm dan maksimal 175 cm, sedangkan untuk laki-laki minimal 170 cm dan maksimal 180 cm.

“Sesuai aturan untuk anggota paskibra, yakni tinggi badan maksimal tidak boleh melebihi 180 cm untuk laki-laki dan tidak boleh melebihi 175 cm untuk calon Paskibra perempuan. Aturan ini ditentukan oleh pusat,” pungkasnya. (Kadek9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar Anda

Berita Terkini