Anggota Komisi IV DPR RI Tinjau Pemberian BPNT di Sumut Berjalan Lancar

Harian 9 author photo
Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Sumut Benhur Ngkaimi beserta delapan anggota DPR RI. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Anggota Komisi IV DPR RI datang ke Medan untuk menyelidiki dan memastikan proses pemberian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Medan berjalan lancar. Tim Panitia Kerja (Panja) Bantuan Pangan Non Tunai Komisi IV DPR RI itu datang ke gudang Bulog Jalan Mustafa Medan, Kamis (12/4/2018).

Kehadiran komisi IV DPR RI ini dipimpin Ketua Tim Daniel Johan dengan membawa delapan anggota dewan yakni Endro Hermono (FP Gerindra), Acep Adang Ruhiat (F PKB), Hermanto (F PKS) dan Sulaeman L Hamzah (FP Nasdem).

Dalam acara ini turut hadir antara lain Sekretaris Penanganan Fakir Miskin Pedesaan Kemensos Dr Royani, Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Febriyanto, Wakil Pimpinan Wilayah BRI Medan Hari Purnomo dan Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Sumut Benhur Ngkaimi.

Dihadiri  50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Medan sekitarnya yang juga hadir bersama pendamping dan agen dari e-warung, Rumah Pangan Kita (RPK) dan BRILink.

Ketua Tim Kunjungan Komisi IV DPR RI Daniel Johan menyebut kedatangannya ke Medan untuk meninjau perkembangan BPNT yang diselenggarakan pemerintah sejak tahun 2017. 

“Kami merasa perlu langsung meninjau ke lapangan karena anggaran Rasta selama ini, sebagian dialihkan ke program BPNT yang penyebarannya masih ke 44 kabupaten/kota di Indonesia,” kata Daniel, pimpinan Komisi IV dari Fartai PKB itu.

Kedatangan anggota DPR ini juga ingin melihat langsung peran Bulog dalam stabilisasi harga pangan, terutama menjelang Ramadhan ini.

“Tapi jangan sampai harga pangan justru menyulitkan masyarakat. Jadi harus ada keseimbangan suplay dan demand,” katanya, seraya menyebut Rastra Sumut tersalur 91 persen dan BPNT di kota Medan 89,19 persen.

Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Febriyanto menyambut baik kedatangan anggota DPR RI untuk meninjau langsung BPNT terkait stok dalam jangka pendek. Stok beras, minyak goreng, gula pasir dan daging beku di Sumut aman. Tak lama lagi masuk daging beku impor yang kini dalam perjalanan.

Begitu juga kegiatan penyelenggaraan Bansos Rastra dan BPNT di Sumut berjalan baik. 

“Untuk Rasta di Sumut, Bulog melakukan percepatan penyaluran dimana untuk bulan April sudah ditarik bulan Maret posisi kini mencapai 95 persen,” tutur Febriyanto.

Sekretaris Penanganan Fakir Miskin Pedesaan Kemensos Dr Royani mengatakan sekarang di sini ada 50 KPM yang ada di sekitar Kantor Perum Bulog Sumut di Medan. 

"Sebanyak 32 kabupaten/kota di Sumut masih mendapat penyaluran beras sejahtera (Rastra) sebanyak 632.755 KPM seniliai Rp.835,26 miliar," pungkasnya. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar Anda

Berita Terkini