Babinsa Bersama PPL Dampingi Petani Kendalikan Hama

Harian 9 author photo
(Foto: Sis24)  

JEMBER| HARIAN9
Menghadapi musim tanam April-September 2018 seluruh lahan persawahan di wilayah Kabupaten Jember bagian selatan yang merupakan kawasan lumbung padi di Kabupaten Jember saatnya merawat persemaian yang sudah mulai akan di tanam.

"Pada usia persemaian bibit padi memasuki 10 hari keatas memang dianjurkan untuk dilakukan penyemprotan agar tahan terhadap serangan hama wereng atau organisme pangganggu tanaman lainnya," kata Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Fenny S.

Seperti yang dilakukan di lahan Kelompok Tani Sumber Rejeki-2 Dsn Wetan Kali  Ds Balung Lor Kec Balung Kab Jember pada Rabu (11/04/2018) Pukul 07.00 WIB, pada pengendalian hama persemaian bibit padi oleh Kelompok Tani Sumber Rejeki-2 tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu Wasis Sudarwanto, PPL Fenny S, Ketua Kelompok Tani Sumber rejeki-2 Misbahun bersama 30 orang anggotanya yang menerima arahan tehnis dari PPL  terkait perlakuan  terhadap bibit padi sebelum ditanam.

Misbahun sendiri saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa pendampingan pertanian ini memang luar biasa dan sangat mebantu kami-kami petani dalam menguasai tehnis-tehnis pertanian sehingga nantinya dapat berproduksi secara optimal.

"Dengan pendampingan seperti ini kami selalu diberikan arahan tehnis dalam mengolah lahan maupun dalam merawat tanamannya, disini saya sampaikan luar biasa karena Babinsa bersama PPL selalu aktif turun ke sawah bersama-sama kami memonitor tanaman hingga saatnya panen nantinya, tambah Misbahun.

Danramil 0824/22 Balung Kapten Inf Rochmanu saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa jajarannya tersebut, seluruh Babinsa sudah saya perintahkan untuk memonitor perkembangan persemaian petani dan konsentrasinya sekarang memang pada  percepatan olah lahan dan percepatan tanam.

Namun demikian kaidah-kaidah perlakuan terhadap persemaian seperti itu kalau memang anjurannya harus dilakukan penyemprotan guna kekebalan bibit tersebut dari serangan hama wereng maupun organisme pengganggu tanaman lainnya, hendaknya diikuti oleh petani guna optimalisasi produksinya nantinya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar memberikan apresiasi kepada jajarannya yang telah melaksanakan pendampingan pertanian diwilayahnya dengan baik, hal tersebut tentunya dalam mendukung Program Ketahanan pangan nasional.

Disampaikan bahwa tugas Kodim 0824 Jember saat ini relatif cukup berat disamping dalam rangka mempertahankan gelar Juara-I  Lomba Pembinaan Teritorial Tingkat Kodim kita juga mempertahankan Juara Nasional Luas Tambah Tanam (LTT) maupun Serapan gabah pada Program ketahanan Pangan ini.

"Namun dengan kegigihan kita semua dalam upaya  pendampingan ini tentunya hal tersebut saya optimis sekali dapat kita pertahankan bahkan kita tingkatkan, meskipun  kita ketahui bersama  target LTT maupun Serapan Gabah untuk tahun 2018 ini naik sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya, ini menjadi tantangan kita semua  untuk menuntaskannya," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)  
Editor: Mardan H Siregar



    

  

Komentar Anda

Berita Terkini