Babinsa Bersama PPL Dampingi Petani Panen padi

Harian 9 author photo
(Foto : Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Kelompok Tani Mamur Dsn Jatirejo Ds Cangkring Kec Jenggawah Kab Jember pada Kamis (12/04/2018) dilaksanakan panen padi seluas 1,5 hektare.

Menurut Serda Tukiran babinsa Cangring dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Didik S dijelaskan bahwa berdasarkan hasil ubinan produksi pertanian di kelompok Tani Makmur ini per hektar mampu menghasilkan sekitar 12 ton gabah kering panen.

Hal tersebut merupakan capaian yang cukup bagus kata PPL Didik S dan untuk musim tanam Oktober 2017-Maret 2018 ini memang hasil pertanian relatif bagus semua karena minimnya serangan hama tanaman pada musim tanam tersebut.

Pada kesempatan tersebut  Serda Tukiran berharap agar M Sholeh selaku pemilik sawah dan anggota kelompok tani agar menjual gabahnya pada Bulog maupun petugas serapan gabah dari Kodim 0824.

Sementara itu M Sholeh sangat bersyukur sekali karena panennya kali ini terbilang cukup sukses hal tersebut tidak lepas dari pola pendampingan Babinsa bersama PPL yang akti turun kesawah bersama petani untuk memonitor tanaman dari saat tanam hingga panen.

Kami petani juga sering mendapatkan arahan tehnis sehingga pengendalian terhadap hama dapat kami lakukan dengan baik dan hasil produksi pertanian kami cukup baik.

 terkait dengan himbauan untuk menjual gabahnya kepada Bulog atau petugas serapan gabah tersebut saya bersama kelompok tani memang telah memiliki kerjasama dengan Bulog Jember namun kami selalu menjual dengan kualitas kering giling sehingga hasil panen ini kami jemur dulu kami besihkan baru kami jual sehingga harganya dapat lebih baik.

Danramil 0824/25 Jenggawah membenarkan adanya kegiatan anggotanya yang melakukan pendampingan tersebut dan pada saat ini memang kita sedang melakukan upaya serapat gabah dan percepatan tanam, dan hal tersebut sudah saya perintahkan kepada seluruh Babinsa untuk menghimbau para petani diwilayahnya.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada jajaran beserta Babinsa yang telah melaksanakan pendampingan dengan baik diwilayahnya.

"Upaya kita saat ini memang memenuhi target penyerapan gabah yang nilai capaiannya masih rendah sehingga perlu intensitas Danramil jajaran dan Babinsa untuk turun dan memberikan himbauan kepada petani diwilayahnya masing-masing, sekaliguis tentunya upaya percepatan tanam," tambah Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar Anda

Berita Terkini