Babinsa Desa Ampel Dampingi Posyandu Giat PSN

Harian 9 author photo
Babinsa Serma Joko Prayitno mendampingi Kader Posyandu melaksanakan PSN dari rumah kerumah warga untuk mengecek tempat tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan program kegiatan kesehatan yang pelaksananya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) ditiap-tiap lingkungan Rukun Tetangga (RT) dalam rangka mengajak masyarakat untuk bertindak antisipatif  dari serangan nyamuk Aedes aegypti atau lebih sering disebut nyamuk demam berdarah.

Kegiatan PSN dilakukan pada setiap hari Jumat seperti yang dilakukan di Dsn Krajan Desa Ampel Kec Wuluhan Kab Jember Babinsa Serma Joko Prayitno mendampingi Kader Posyandu melaksanakan PSN dari rumah kerumah warga untuk mengecek tempat tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Tempat-tempat terebut diantaranya bak mandi, aquarium, vas bunga dan lingkungan rumah yang ber air  yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk, pada kjesempatan tersebut Babinsa bersama Kader Posyandu yang dipimpin oleh Yuliati memberikan arahan kepada masyarakat tentang 3 M (Menutup,  Mengubur dan  Menguras) tempat-tempat yang berpotensi menampung air baik kaleng bekas, ban bekas dan lain-lain.   

"Dari 83 rumah yang menjadi sasaran pengecekkan masing-masing hasilnya negatif dan secara keseluruhan tidak ada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk dirumahnya, dan bak air yang ada baik air mandi maupun bak air minum tidak berjentik," kata Yulianti.

Danramil 0824/23 Wuluhan Kapten Arm Pujianto membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, diwilayah Kec Wuluhan setiap hari Jum’at memang selalu melaksanakan Jumat Bersih bersama sehingga seluruh Babinsa saya perintahkan untuk menyesuaikan kegiatan di desa binaannya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mendukung kegiatan kewilayahan yang dilakukan dengan baik oleh jajarannya, saat dikonfirmasi diruang kerjanya menyatakan bahwa kesehatan merupakan syarat utama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Karena masyarakat yang sehat secara strategis akan mampu mnemantapkan keamanan wilayah dalam menunjang pertahanan negara yang menganut Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta). (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar Anda

Berita Terkini