Babinsa Sruni Dampingi Pok Tani Panen Padi

Harian 9 author photo

Bertempat di lahan milik Samsul Arifin Dsn Krajan Ds Sruni Kec Jenggawah Kab Jember dilaksanakan panen padi seluas 1,5 hektar dengan hasil ubinan 10,98 ton per hektare, Senin (09/04/2018) Pukul 08.00 WIB. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Bertempat di lahan milik Samsul Arifin Dsn Krajan Ds Sruni Kec Jenggawah Kab Jember dilaksanakan panen padi seluas 1,5 hektar dengan hasil ubinan 10,98 ton per hektare, Senin (09/04/2018) Pukul 08.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Gatot Pramono dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL)  Didik S yang melaksnakan pendampingan, dalam arahannya Serda Gatot Pramono menghimbau agar hasil panennya dijual kepada Bulog atau kepada petugas Serapan Gabah dari Kodim 0824 Jember.

"Hal tersebut sebagai wujud peranserta petani dalam memperkuat stock gabah pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas harga maupun sirkulasinya dipasaran," tambah Serda Gatot Pramono.

Selanjutnya PPL Didik S menghimbau agar usai panen ini agar lahan segera diolah kembali dengan alat mesin pertanian baik pembajakan sawahnya maupun tanamnya nanti karena lebih efisien biaya dan lebih efektif waktunya, sehingga sangat menguntungkan petani.

Pada kesempatan tersebut Samsul Arifin yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Rejeki Dsn Krajan Ds Sruni Kec Jenggawah Kabupaten jember saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kelompok taninya memang sudah memiliki kerjasama dengan Bulog Sub Divre jember dalam menjual hasil panennya, sehingga himbauan Pak Babinsa memang merupakan hal untuk mengingatkan kami para petani.

"Dengan pola pendampingan yang dilakukan Babinsa bersama PPL ini kami petani sangatlah diuntungkan karena disamping kami selalu diberikan tehnis pengelolaan pertanian dengan baik, juga difasilitasi saat membutuhkan alat mesin pertanian bahkan kita tidak pernah kesulitan pupuk karena selama masa pendampingan ini distribusi pupuk juga mendapatkan perhatian dari Babinsa," tambah Samsul Arifin.

Danramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Ismianto membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarnnya tersebut yang melaksanakan pendampingan panen diwilayahnya, memang kita saat ini fokusnya pada serapan gabah dan percepatan tanam selanjutnya sehingga perlu memberikan himbauan-himbauan tersebut kepada petani.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan apresiasinya kepada jajaran dan Babinsa yang telah melaksanakan pendampingan pertanian dengan baik selama ini, Jember yang dikenal sebagai lumbung padinya Jawa Timur memang  harus kita optimalkan pola pendampingannya.

Sisa-sisa pekerjaan musim tanam oktober 2017 hingga Maret 2018 ini memang ada sekitar 20 persen yang sedang dan akan panen untuk itu kita harus optimalkan serapan gabahnya serta percepatan tanamnya dalam mendukung upaya khusus ketahanan pangan nasional. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 




  

Komentar Anda

Berita Terkini