Danramil 0824/23 Wuluhan Hadiri Selamatan Petik Panen Padi

Harian 9 author photo

Bertempat di Lahan Kelompok Tani Rukun Warga Dsn Demangan Ds Kesilir Kec Wuluhan pada Kamis (05/04/2018) Pukul 08.00 WIB dilaksanakan temu tani dan selamatan petik panen padi. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9 
Bertempat di Lahan Kelompok Tani Rukun Warga Dsn Demangan Ds Kesilir Kec Wuluhan pada Kamis (05/04/2018) Pukul 08.00 WIB dilaksanakan temu tani dan selamatan petik panen padi.

Hadir pada kesempatan tersebut Danramil 0824/23 Wuluhan Kapten Arm Pujianto bersama Babinsa Serka Adif Munstofa, Kabid Produksi Dinas Pertanaman Pangan Kab Jember Subiantoro, Ketua HKTI Jember Jumantoro serta seluruh Petugas Penyuluh Lapang (PPL)  dan anggota Kelompok Tani.

Dalam Sambutannya Kabid Produksi Dinas Pertanaman Pangan Subiantoro menyampaikan bahwa untuk musim tanam pertama ini seluruh petani patut berbahagia karena rata-rata produksi panen perhektare mampu menembus diatas 10 Ton terutama untuk lahan dikawasan Kecamatan Wuluhan, Ambulu, Gumukmas, Balung dan lain-lain diwilayah selatan Kab Jember.

Produksi dapat maksimal tersebut karena ketekunan dan intensitas pendampingan yang aktif sehingga tidak sampai terserang oleh hama tanaman, dalam arti adapun serangan hama namun dapat diantisipasi secar dini sehingga tidak meluas dengan intensitas monitoring pendampingan tersebut.

Danrmil 0824/23 Wuluhan Kapten Arm Pujianto menyampaikan terima kasih kepada para petani yang telah bekerjasama dalam mendukung program ketahanan poangan ini, dengan adanya Babinsa yang melaksanakan pendampingan bersama PPL hendaknya dapat membantu, menjembatani apabila ada kendala-kendala pertanian.

Selama Musim Tanam Pertama Oktober 2017-Maret 2018 ini pendampingan memang saya perintahkan untuk lebih intensif agar petani benar-benar dapat menikmati hasilnya, dan ini sangat terbukti dengan hasil panen yang dapat optimal dari ubinan yang dilaksanakan hasil panen Kelompok Tani Rukun Warga ini mampu mencapai 11 ton per hektar.

Kapten Arm Pujianto juga berpesan agar hasil panennya nanti dijual kepada Bulog maupun petugas serapan gabah dari Kodim 0824 Jember dalam rangka memperkuat stock gabah pemerintah.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyikapiu kegiatan tersebut menyampaikan selamat kepada kelompok tani Rukun Warga yang akan memanen padi nya, semoga hasil panen lebih baik dari sebelumnya.

Terkait dengan pendampingan yang dilaksanakan Letkol Inf Arif Munawar juga memberikan apresiasi kepada para Danramil maupun  Babinsa yang telah melaksanakannya dengan baik, lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar berharap memapu menyerap hasil panen tersebut secara optimal dalam meperkuat stock gabah pemerintah dalam memantapkan swa sembada pangan nasional. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar Anda

Berita Terkini