Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Toko Modern di Arab Saudi

Harian 9 author photo


JEDDAH| HARIAN9
Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah Gunawan Mengungkapkan ITPC tengah menjajaki peluang kerja sama dengan toko modern besar di Arab Saudi, yaitu Danube Company Ltd. 

Kerja sama ini merupakan proyek percontohan peningkatan perdagangan di sektor ritel antara Indonesia dan Arab Saudi.

"Kerja sama yang merupakan proyek percontohan ini bertujuan mendapatkan kemudahan memasuki pasar Arab Saudi dan meningkatkan penetrasi produk Indonesia ke Arab Saudi melalui jaringan ritel Danube Company Ltd. Nantinya diharapkan dapat meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia ke Arab Saudi secara signifikan," ungkapnya. 

Menurutnya, kerja sama dengan toko modern Danube ini dilakukan karena lokasi yang berada di kawasan Haramain di Makkah dan Madinah yang selalu ramai dikunjungi jamaah haji dan umroh dari Indonesia untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari. 

"Wilayah Haramain mempunyai captive market yang besar bagi produk Indonesia. Lebih dari 1,2 juta orang jamah haji dan umrah berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya," jelas Gunawan.

Guna membahas rencana kerja sama tersebut, hingga saat ini ITPC Jeddah dan Danube Company Ltd. telah melakukan pertemuan bisnis sebanyak dua kali. Pertemuan pertama berlangsung pada 22 Maret 2018 di Kantor Danube Company Ltd. di Jeddah, Arab Saudi. 

Dalam pertemuan ini, ITPC Jeddah diterima langsung oleh perwakilan manajemen Danube Company Ltd., Project Development Manager Yuslam Karama.

Pertemuan kedua berlangsung pada 25 Maret 2018 juga berlangsung di tempat yang sama. Dalam pertemuan ini, ITPC Jeddah diterima langsung oleh Direktur Eksekutif Danube Company Ltd. Ahmad A.R Bindawood.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Jeddah M Hery Saripudin mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dari inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan nilai transaksi perdagangan Indonesia di Arab Saudi.

Tidak hanya itu, Danube Company Ltd. juga mempunyai bisnis di bidang perhotelan. Sebanyak lima hotel yang dimiliki Danube Copany Ltd. tersebar di Makkah, Jeddah, dan Madinah. Danube Company Ltd. menyampaikan ketertarikannya berinvestasi di bidang perhotelan dan pariwisata di Provinsi Bali yang merupakan destinasi wisata dunia.

Selain itu, kata Gunawan, Danube Company Ltd juga tertarik dengan jasa tenaga kerja professional dari Indonesia, khususnya yang mempunyai kompetensi sebagai tenaga profesional perhotelan, akuntan, kasir, tenaga Production Planning and Inventory Control (PPIC), serta tenaga terampil potensial lainnya.

Profil Danube Company Ltd.

Danube Company Ltd. berdiri sejak tahun 1995. Perusahaan ini memiliki 66 cabang toko modern yang tersebar di wilayah Jeddah, Makkah, Madinah, Taif, Jizan, Abha, Riyadh, Dammam, Khamis Muscat, dan kawasan bandara di Arab Saudi. 

Seluruh cabangnya dilengkapi teknologi ritel terbaru dari Eropa dan Amerika Serikat yang dirancang untuk melayani penjualan secara cepat dan efisien. Rata-rata pelanggan yang datang berjumlah 20.000 orang per tahun. Nilai penjualannya juga terus tumbuh sebesar 5 perse per tahun.

Pada pertengahan tahun 2001, Bin Dawood bergabung dengan Danube dan menciptakan rantai jaringan toko modern terbesar di provinsi bagian barat Arab Saudi. Meski keduanya berbagi sumber daya dalam pengiriman barang dan layanan kepada pelanggan, namun masih mempertahankan ciri khas masing-masing pasar. 

Danube melayani pasar untuk segmentasi menengah ke atas, sedangkan Bin Dawood untuk segmentasi menengah ke bawah. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar
Komentar Anda

Berita Terkini