Lagu ‘Saya Indonesia, Saya Anti Hoax’ Diapsesiasi Sejumlah Tokoh

Harian 9 author photo
Pemerhati Kepolisian Nasional Malik Assalih Harahap, ST bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Paterpauw, dalam  satu acara di Medan baru-baru ini. (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Lagu ‘Saya Indonesia, Saya Anti Hoax’, ciptaan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Paterpauw, disambut luar biasa dan diapresiasi oleh sejumlah tokoh diantaranya Tokoh Pemerhati Kepolisian Nasional Malik Assalih Harahap, ST.

“Lagu ciptaan Kapoldasu Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Paterpauw, merupakan pesan moral dan kepedulian atas banyaknya berita hoax yang belakangan dinilai meresahkan banyak pihak. Saya memberikan apresiasinya terhadap lirik lagu terebut yang dinilai sangat bermanfaat, “ ujar Malik Assalih Harahap, ST, Sabtu (14/4)

Menurutnya, terobosan yang dibuat Kapolda Sumut tersebut sangatlah luar biasa dabn gagasan yang dibuatnya tampil beda tapi memiliki tujuan dan makna yang sangat dalam, terutama dalam hal menangkal berita palsu, berita bohong dan radikalisme. 

Selain itu, gebrakan yang dibuat Kapolda Sumut dengan menciptakan lagu ‘Saya Indonesia, Saya Anti Hoax’ cukup bagus dalam menangkal dan memberikan pemahaman bahaya yang terjadi akibat berita maupun informasi yang hoax, serta menangkal ujaran kebencian khususnya yang terjadi di Sumut.

“Lagu tersebut sangat bagus, karena sekarang lagi hangat hangatnya dan berita bohong itu memang sangat berbahaya. Jadi, lagu  ‘Saya Indonesia, Saya Anti Hoax’, ciptaan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Paterpauw, salah satu upaya menangkal berita bohong,“ tegasnya.

Menurut Wakil Sekretaris Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara ini, dalam perkembangan era digital sekarang ini, beragam berita palsu sengaja disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang tujuannya untuk memprovakasi masyarakat dan dapat menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat sehingga bisa menjurus perpecahan.

“Dengan lagu ‘Saya Indonesia, Saya Anti Hoax’ ciptaan Kapolda Sumut ini, diharapkan masyarakat tidak mudah terprovokasi, selalu chek and balance tentang kebenaran informasi dan lakukan klarifikasi ke sumber informasi,“ katanya.

Disamping itu juga kata Malik, untuk menciptakan suasana Kamtibmas yang kondusif khususnya dalam menangkal berita hoax dan informasi bohong, tidak cukup dengan bermodalkan lagu’ Saya Indonesia, Saya Anti Hoax’ saja. 

Tapi upaya Kapolda  Sumut Irjen Pol Drs. Paulus Paterpauw melalui program turun ke bawah juga cukup bagus yakni melakukan blusukan ke daerah-daerah di jajaran Polda Sumut dengan melakukan silaturrahmi dan menjalin komunikasi dengan para ulama, tokoh adat, tokoh masyarakat.

“Upaya ini tentunya salah satu gagasan untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat tentang Kamtibmas di wilayah Sumut khususnya jelang Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 mendatang yang diharapkan berjalan dengan damai dan kondusif,“ tuturnya.

Dikatakannya, lewat lagu ciptaan Kapolda ‘ Saya Indonesia, Saya Anti Hoax’ tersebut, kami ingin mengajak dan menggugah rasa Pancasilaisme masyarakat untuk tidak terpecah belah dan mempercayai muslihat dari penyebaran berita bohong alias Hoax.

“Untuk membangkitkan semangat kita agar tidak mudah percaya dengan berita Hoax yang beredar saat ini, saya juga mengajak masyarakat untuk menviralkan lagu tersebut untuk mendukung dan mensosialisasikan pemberantasan penyebaran Hoax yang dapat memecah belah masyarakat,“ ajaknya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini