Sosialisasi Survey Penyusunan Disagregasi PMTB 2018

Harian 9 author photo
Sosialisasi Survey Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) 2018, diawali laporan Kepala BPS Kota Medan Herman, SE.MSi tentang pentingnya PMTB dan resmi dibuka Kepala Bidang Neraca Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara Ateng Hartono di Hotel Emerald Garden International, Kamis (12/04). (Foto: Mardan H Siregar)



MEDAN| HARIAN9
Sosialisasi Survey Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) 2018 resmi dibuka Kepala Bidang Neraca Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara Ateng Hartono di Hotel Emerald Garden International, Kamis (12/04).

Sosialisasi diawali laporan Kepala BPS Kota Medan Herman, SE.MSi tentang pentingnya PMTB dan anggaran pembiayaan survey ini diperoleh dari DIPA BPS Kota Medan.

Dikatakannya, PMTB secara mikro dikenal sebagai Investasi Fisik yang merupakan salah satu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang berkaitan dengan berlangsungnya kegiatan ekonomi masa sekarang maupun yang akan datang.

"PMTB secara mikro dikenal sebagai Investasi Fisik didefenisikan sebagai penambahan dan pengurangan aset tetap pada suatu unit produksi," papar Herman.

Ateng Hartono menambahkan, selama ini data PMTB masih merupakan data global, sedangkan untuk kegiatan ini dirinci/disagregasi menurut institusinya.

"Peran penting PMTB berkontribusi terhadap perekonomian Sumatera Utara tahun 2017 relatif besar, yakni struktur PDRB sebesar 31.19 persen dan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5.91 peren. Struktur perekonomian Kota Medan berdasarkan pengeluaran PMTB memberikan Kontribusi sebesar 41.88. Struktur perekonomian Kota Medan tahun 2016 masih didominasi perdagangan besar dan eceran sebesar 25.32 persen, sedangkan kontribusi PMTB Kota Medan terhadap Sumatera Utara sebesar 39.04 persen," jelasnya.

Dipintanya, Kepada Bapak/Ibu yang akan menjadi responden mohon data yang diberikan merupakan data yang konkrit dan yang sebenarnya, sehingga dengan tersedianya data PMTB yang rinci ini, akan membantu pemerintah dalam megambil kebijakan meningkatkan iklim investasi dan mempermudah investor dalam berusaha, serta membantu dunia usaha dalam menentukan kebijakan usahanya.

Kemudian sesi selanjutnya pemaparan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Medan oleh Ferry dengan judul Pentingnya Investasi Pembangunan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Medan dan Perkembangan Investasi di Kota Medan oleh Bisman Agus Ritonga dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. (03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar Anda

Berita Terkini