Bekali Nilai Moral Pegawai, Bakamla Gelar Character Building

Harian 9 author photo


BOGOR| HARIAN9
Kepala Bagian Kepegawaian Bakamla RI  Kolonel Marinir Budi Santoso, M.A.P,   secara resmi membuka pelatihan Character Building  (pembangunan karakter) yang diikuti puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bakamla, di Green Peak Cisarua Bogor, Jumat malam (11/5/2018).

Materi dari kegiatan yang akan berlangsung tiga hari tersebut meliputi pelajaran kelas maupun lapangan. Pelatihan Character Building digelar dalam rangka membekali para  PNS Bakamla dengan nilai nilai loyalitas, integritas, komitmen, empati, pengorbanan, serta kasih sayang termasuk usaha keras, inisiatif, keuletan dan disiplin yang merupakan bagian dari kapasitas untuk berkarya dan menjadi kompeten dalam kehidupan berorganisasi. 

Dalam sambutannya Kolonel Budi menyampaikan bahwa pengertian karakter merupakan kualitas kepribadian tangguh yang dimiliki secara kolektif oleh manusia dan bermuara kepada nilai-nilai inti seperti amanah, menghormati orang lain dan toleran, kejujuran, kasih sayang, tanggung jawab serta kewarganegaraan.

Dikatakan pula bahwa karakter seorang manusia sangat terkait dengan jati diri dan perilaku dari manusia itu sendiri. Setiap manusia pada hakekatnya telah memiliki sifat-sifat dasar yang diberikan oleh Tuhan. Sifat-sifat dasar yang merupakan sejumlah potensi dalam dirinya tersebut dapat dipancarkan dan ditumbuh kembangkan sehingga menghasilkan nilai-nilai yang begitu tinggi. Proses menumbuh kembangkan potensi tersebut merupakan wujud dari pembangunan karakter. Karakter itulah yang melandasi sikap dan perilaku seperti budi pekerti, akhlak, maupun penampilan moral yang memiliki daya juang untuk mencapai suatu tujuan yang mulia.

Pada kesempatan tersebut Kolonel Budi juga menekankan kepada seluruh pegawai Bakamla yang mengikuti pelatihan ini agar dapat memiliki dan mengimplementasikan nilai-nilai loyalitas, integritas, komitmen, empati, pengorbanan, serta kasih sayang termasuk usaha keras, inisiatif, keuletan, dan disiplin yang merupakan bagian dari kapasitas untuk berkarya dan menjadi kompeten dalam kehidupan berorganisasi. 

Harapannya agar seluruh peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, penuh semangat dan tanggungjawab.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini sedianya akan diisi sejumlah materi yang akan disampaikan Team Fortis. Adapun materi yang diberikan antara lain Successful Relationship at Work oleh Afrianto Noor, CPC dari Team Fortis dan materi team building Yang dilaksanakan di lapangan. (Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono)rel.
Komentar Anda

Berita Terkini