Bulog Sumut Siap Amankan Komoditi Pangan

Harian 9 author photo
Kepala Bulog drive Sumut Benhur Engkaimi di sela-sela acara Hut Bulog ke 51 di Kantor Bulog Drive Sumut. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Di HUT Bulog yang ke 51, Bulog Sumut fokuskan pada 3 peran yaitu pertama, menjaga ketersediaan bahan pangan (ada 11 komoditi, utamanya beras, gula pasir dan minyak goreng). Kedua, keterjangkauan dimana Bulog terus berusaha mendistribusi bahan pangan ke seluruh pelosok daerah melalui Sub Divre Bulog di Sumatera Utara. Ketiga, menjaga stabilitas harga di pasaran melalui operasi pasar.

Kepala Bulog Divre Sumut, Benhur Ngkaimi mengatakan,bahwa dalam perjalanan ke 51 tahun ini, nyatanya masyarakat masih sangat membutuhkan Bulog di tengah mereka. Bulog siap melakukan pengamanan untuk semua komoditi pangan.

"Hingga saat ini, kita menjamin stok pangan aman dan cukup, bahkan distribusi juga lancar sampai ke pelosok daerah sehingga menjelang Ramadan dan Lebaran tahun 2018 ini diharapkan tidak ada masalah dan harga relatif stabil,"ungkapnya disela sela HUT Bulog yang ke 51, di kantor Divre Sumut, Jalan Gatot Subroto, Medan, Senin (14/5/2018).

Dituturkannya, hingga sampai saat ini stok beras yang dimiliki Bulog mencapai 80.000 ton dan sudah disebarkan ke seluruh gudang Bulog di Sumatera Utara sehingga dari sisi keterjangkauan, masyarakat mudah mendapatkannya.

" Stok gula pasir, sebanyak 20.000 ton dan dalam perjalanan 3.000 ton dengan harga jual ke konsumen Rp.12.500 per kg. Daging beku kerbau dari India sebanyak 200 ton untuk stok menjelang bulan Ramadhan dan lebaran dengan harga jual Rp.80.000 per kg. Tepung 24.000 kg dan minyak goreng 200.000-an liter," katanya.

Ditambahkannya,semua komoditi itu,  sudah disebar ke seluruh gudang Bulog di Sumut. Sehingga pihaknya minta masyarakat jangan panik menjelang Ramadhan dan lebaran ini dengan memborong barang. Sebab stok pangan cukup dan aman sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan,pungkasnya. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini