Desa Binaan Harus Tertib Administrasi

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM memberikan bimbingan dan arahan pada acara sosialisasi dan kunjungan Supervisi Desa Binaan/Percontohan Kabupaten Tapsel Tahun 2018 di aula Sarasi 2 Lantai III Kompleks Pemerintahan Perkantoran Bupati Tapsel Sipirok, Kamis (3/5). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara  menyarankan agar Desa Binaan tetap menjalankan aturan-aturan yang ditetapkan, yang salah satunya adalah tertib administrasi berupa profil Desa, dokumentasi kegiatan Desa, dll.

Saran tersebut disampaikan Ny. Hj. Bahraini Aspan Sofian saat membacakan amanat Ketua TP PKK Sumut Hj. Elvi Diana T. Erry Nuradi saat melakukan sosialisasi dan kunjungan Supervisi Desa Binaan/Percontohan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2018 di aula Sarasi 2 Lantai III Kompleks Pemerintahan Perkantoran Bupati Tapsel Sipirok, Kamis (3/5).

Kunjungan dan sosialisasi Tim Supervisi Desa Binaan di Kabupaten Tapsel tersebut diketuai Ny Bahraini Aspan Sofian, didampingi anggota Ny Neti Amansyah Nasution, Ny. Lina Purwadi, Ny Erna Khairul, H. Suiswanti Sip MM, Supriadi dan Ansori Daulay.

Acara juga dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, para pejabat Eselon II, Kabag, Wakil Ketua TP PKK Tapsel Ny. Nurlian Aswin Efendi, para Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala UPTD Puskesmas, para Kepala Desa/Kelurahan beserta Ketua TP PKK Desa/Kelurahan dan Kader Posyandu se-Kabupaten Tapsel.

Lebih lanjut Ny. Hj. Bahraini Aspan Sofian mengatakan, salah satu penilaian yang diakukan Tim Supervisi Desa Binaan dan Percontohan adalah dengan membuat laporan keadaan desa sebelum dibina.

“Selama dalam masa pembinaan, Desa Binaan dan Percontohan harus menlengkapi berbagai syarat dan administrasi sekaligus dapat menunjukkan bukti dokumentasi berbagai kegiatan Desa,“ paparnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Hj Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu, diwakili Wakil Ketua TP PKK Ny. Nurlian Aswin Efendi mengatakan, gerakan PKK merupakan gerakan nasional yang membangun masyarakat dengan mensukseskan 10 program pokok PKK.

“Ke 10 program pokok PKK tersebut yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, gotong royong, pendidikan dan ketrampilan, pengembangan pengharapan berkoperasi, pangan dan sandang, perumahan dan tata laksana RT, Kesehatan dan lainnya,“ jelas Ny. Nurlian

Disisi lain, Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, dalam bimbingan dan arahannya yang disampaikan Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM menghimbau agar 10 program PKK di seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Tapsel bisa berdaya guna dan berhasil guna di tengah masyarakat.

“Saya mengajak seluruh Kepala Desa agar menyisihkan sebahagian dari Dana Desa untuk mensukseskan 10 program PKK Desa masing-masing, yang tujuannya juga untuk kemakmuran Desa,“ harap Bupati. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar    





Komentar Anda

Berita Terkini