IZI Gelar Tarhib Ramadhan di Kampung Nelayan Belawan

Harian 9 author photo
Kepala Perwakilan IZI Sumut M Iqbal Afarizi saat memberikan sumbangan paket Ramadhan kepada keluarga dhuafa. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia  (IZI) menggelar Tarhib Ramadhan melalui kegiatan Launching Kampung Ramadhan di Kampung Nelayan Medan Belawan. Acara berlangsung mulai pukul 09:00-13:30 WIB dan mendapat dukungan serta sambutan yang baik dari masyarakat sekitar. 

Sebanyak 200 warga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, termasuk juga anak-anak penduduk di Kampung Nelayan Belawan.

M Iqbal Farizi selaku kepala perwakilan IZI Sumut mengatakan, acara ini akan dilaksanakan di Mesjid Baiturrahman, kemudian ada kegiatan tilawah bersama, tausiyah dan doa dari ustad Izhar Safawi untuk motivasi menyambut bulan suci Ramadhan. 

"Lalu Launching Program “Kampung Ramadhan”, berupa simbolis pembagian paket ramadhan sebanyak lima paket untuk 5 keluarga dhuafa dan di akhiri dengan makan siang bersama," katanya dalam sambutan Rabu (15/5/2018).

Dituturknnya, Kampung Nelayan, Lingkungan XII, Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, adalah kampung yang terletak di pinggir laut serta jauh dari kota, sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Medan. 

Untuk menuju pemukiman penduduk kampung nelayan yang berada di seberang lautan, dapat menumpangi perahu bermotor sederhana yang banyak tertambat disepanjang dermaga. 

"Sesampainya di perkampungan, kita akan langsung melihat pemandangan rumah-rumah terapung yang terbuat dari papan dan tonggak-tonggak kayu yang dibawahnya sebagai pondasi. Jalan yang dilewati pun semuanya terbuat dari papan dan potongan-potongan kayu yang disusun," ungkapnya.  

Sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah sebagai nelayan. Dan banyak ibu rumah tangga yang turut serta membantu suaminya untuk mencari nafkah dengan menjual hasil-hasil tangkapan suami dari bernelayan berupa udang yang biasanya mereka jemur di teras rumah mereka, tidak jarang juga ada anak-anak kecil yang turut mencari nafkah membantu orang tuanya dengan cara menawarkan kepiting-kepiting hasil tangkapan mereka, tentunya untuk mereka jual lagi ke pembeli yang sedang melintas didaerah pasar. 

"Dan warung-warung sederhana yang menjual kebutuhan sehari-hari banyak juga ditemukan di perkampungan ini, akan tetapi untuk belanja keperluan yang besar atau barang-barang lain yang tidak ditemukan disana tentu saja mereka harus pergi ke luar perkampungan yang jarak tempuhnya cukup jauh dan memakan waktu yang sangat lama," ujarnya.

Ditambahkannya, di Kampung Nelayan ini juga ada dibangun sekolah, tempat ibadah seperti mesjid, mushollah, dan ada juga pemakaman. Hal yang membuat tidak nyaman di kampung ini adalah sanitasi air yang kurang memadai, penduduk masih agak sulit untuk mendapatkan air bersih, penggunaan WC yang pada umumnya pembuangannya langsung ke laut, sampai masalah sampah yang dapat terlihat dimana-mana, sehingga laut pun ikut tercemar. 

Dan tujuan IZI melakukan kegiatan Ramadhan di Kampung Nelayan Belawan adalah karena rata-rata penduduknya dari kalangan mustahik, kumuh, miskin dan mayoritasnya Islam.

Diharapkannya, dengan dilakukan acara ini adalah semoga Kampung Nelayan Belawan dapat diperhatikan lagi oleh pemerintah dan dapat dibenahi perekonomiannya sebab disana sumber tempat untuk mendapatkan bahan makanan sehari-hari dan masih banyak penduduk yang kurang mampu menetap di sana, kemudian agar program ini berjalan selama 30 hari Ramadhan.

"Insyaa Allah IZI  memfasilitasi kegiatan berbuka puasa, menyalurkan santunan paket sembako yatim dan dhuafa, tadarusan, pesantren kilat dan kegiatan lainnya dari dukungan serta partisipasi masyarakat dan donatur lainnya," tandasnya.

Marhaban Yaa Ramadhan, bulan suci yang penuh keberkahan dan kemuliaan. Mari sambut Ramadhan dengan penuh kebahagiaan sukacita, dan terus memperbaiki diri untuk menjadi insan yang lebih baik lagi dihadapan Allah Subhanahu Waa Ta’ala. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini