Jadikan Puasa Untuk Meningkatkan Etos Kerja

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM dan pimpinan OPD berbuka puasa bersama pada hari kedua Ramadhan, yang dilaksanakan Setdakab Tapsel di rumah Dinas Bupati Tapsel Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Jum at (18/5). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Al Ustadz Zulpan Efendi Hasibuan mengajak jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) untuk menjadikan momentum puasa sebagai sarana meningkatkan kinerja, khususnya integritas.

Hal itu disampaikan Al Ustadz Zulpan Efendi Hasibuan dalam tausyiahnya pada acara buka puasa bersama pada hari kedua Ramadhan, yang dilaksanakan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tapsel bersama ASN Tapsel di rumah Dinas Bupati Tapsel Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Jumat (18/5).

Acara buka bersama dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul, Ketua Darma Wanita Tapsel, Asisten, Staf Ahli, Sejumlah Pimpinan OPD, Kepala Bagian dan ASN di lingkungan Setdakab Tapsel.

Menurut Ustadz Zulpan Efendi, tantangan besar ummat Islam sekarang ini adalah menemukan korelasi antara ibadah dengan kualitas kehidupan. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjawab tantangan tersebut.

Selain itu, puasa merupakan pendakian spiritual manusia. Sebab, ada dua unsur dalam diri manusia, yaitu unsur ketuhanan dan unsur kemanusiaan dan puasa merupakan wahana revitalisasi unsur ketuhanan di dalam diri kita sehingga mampu merefleksikan sifat-sifat Allah SWT.

“Hendaknya puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak produktif dalam beraktifitas sehingga terkesan bermalas-malasan. Tetapi seharusnya puasa bisa menjadikan produktivitas kita lebih tinggi lagi agar bisa menjadi ladang amal bagi kita,“ tutur Ustadz Zulpan.

Usai buka puasa bersama, dilanjutkan shalat Maghrib di Mesjid Al Ikhlas eks Kantor BupatiTapsel, makan malam bersama, shalat Isya dan shalat Tarawih berjamaah.

Terpisah, Kabag Humasy dan Protokol Pemkab Tapsel Isnut Siregar menyampaikan, acara buka puasa bersama tersebut bertujuan untuk lebih menjalin kekompakan sesama ASN di lingkungan Pemkab Tapsel.

“Acara buka puasa bersama ini rutin diadakan setiap tahun dibawah kepemimpinan Bupati Syahrul, dimana setiap hari selama bulan Ramadhan seluruh OPD di Tapsel bergiliran menjadi tuan rumah, dan untuk acara perdana buka puasa bersama Tahun ini Setdakab Tapsel menjadi tuan rumah,“ jelas Isnut. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini