Karang Taruna Harus Mampu Jadi Motor Penggerak Pembangunan Di Desa

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu selaku Ketua Dewan Pembina Karang Taruna Tapsel menyerahkan pataka Karang taruna kepada ketua terpilih Ahmad Bangun Ritonga, SE pada pelantikan Karang Taruna Kabupaten Tapsel Periode 2016-2021 bertempat di aula Istana Hasadaon, Desa Sorik Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapsel, Sabtu (12/5). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu berharap, Karang Taruna mampu menjadi pelopor sekaligus motor penggerak pembangunan di desa. Sebab, menurutnya Karang Taruna adalah satu-satunya organisasi sosial pemuda yang memikiki struktur hingga Desa dan Kelurahan.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dihadapan kader Karang Taruna saat melantik Ahmad Bangun Ritonga SE sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapsel Periode 2016-2021 sekaligus mengukuhkan kepengurusan, bertempat di aula Istana Hasadaon, Desa Sorik Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapsel, Sabtu (12/5)    

Prosesi pelantikan disaksikan Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara H. Solihuddin Nasution SE, tokoh adat Dr Joner Rambe SE MM Daulat Raja Agung Panuturi Hasadaon, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD dan Camat se-Tapsel, Majelis Pertimbangan Karang Taruna Tapsel, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Madina, Sibolga, Kota Padangsidimpuan, Labura, dan Karang Taruna Labusel.

Syahrul menambahkan, Karang Taruna harus terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan di Desa, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan. Artinya, kader Karang Taruna bisa bersinergis menggunakan Agaran Dana Desa dan Dana Desa di Desa.

“Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan percepatan pembangunan dan kesejahteraan untuk penduduk di Desa dan jika ini disinergikan saya yakin akan sangat signifikan menurunkan kemiskinan perdesaan. Nah.. Karang Taruna harus bisa berperan besar dalam pemanfaatan dana tersebut, agar lebih produktif,“ jelasnya.

Syahrul menjelaskan, saat ini Pengurus Karang Taruna di Kabupaten Tapsel sudah terbentuk di 211 Desa dan 36 Kelurahan. Dalam kurun dua tahun terakhir ini kinerja Karang Taruna sangat menggembirakan. Diharapkan kepada seluruh OPD bila ada program di Desa berdayakan Karang Taruna setempat.

“Atas nama Pemkab Tapssel diucapkan selamat kepada seluruh Kader Karang Taruna Tapsel yang baru dilantik dan memberikan apresiasi atas kinerja Karang Taruna Tapsel, sehingga saya selaku Pembina Karang Taruna Tapsel telah mendapat Anugerah Adhitya Karya Mahatva Yodha Award yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial bersama Ketua Umum Pengurus Karang Taruna Nasional pada 25 Januari lalu di Bali,“ ujarnya.

Sementra Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara H. Solihuddin Nasution, SE berharap peran pemerintah dan masyarakat dalam mendukung program kerja Karang Taruna bisa lebih ditingkatkan dan ditonjolkan untuk mengurangi permasalahan yang ada di desa dan kelurahan.

Solihuddin juga tidak lupa mengapresiasi Bupati Tapsel karena ditangan Syahrul Karang Taruna sangat diberdayakan sehingga bisa menciptakan embrio yang peduli terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Tapsel.

“Saya mengingatkan agar seluruh anggota Karang Taruna di Kabupaten Tapsel selalu menjaga kekompakan dan rasa solidaritas satu sama lainnya. Selamat untuk semua dan selamat bekerja," ujar Solahuddin

Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengharapkan agar Karang Taruna bisa mewakili berbagai bidang sosial kemasyarakan sehingga seluruh kader bisa betul-betul diberdayakan.

Sedangkan Ketua Karang Taruna Tapsel yang baru dilantik Ahmad Bangun Ritonga berjanji untuk membawa Karang Taruna bisa mewujudkan visi misi Bupati Tapsel untuk bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja sejahtera.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Tapsel dan kepada Hamdy S Pulungan Sebagai Sekretaris serta Hamdan dan Amros Karang Matua sebagai Anggota.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar







Komentar Anda

Berita Terkini