Kecamatan Angkola Selatan Rawan Peredaran Narkotika

Harian 9 author photo
Anggota DPRD Kabupaten Tapsel Haris Yani Tambunan memberikan paparan yang salah satunya terkait bahaya narkotika di Kecamatan Angkola Selatan pada stakeholder meeting yang dilaksanakan di PT ANJ Agri Siais baru-baru ini. (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Maraknya peredaran barang terlarang jenis narkotika di wilayah Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sangat memprihatinkan banyak pihak termasuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapsel Haris Yani Tambunan.

“Akhir-akhir ini kami mulai prihatin dengan maraknya peredaran narkoba di wilayah Angkola Selatan dan ini menjadi perhatian kita bersama baik dari pemerintah daerah, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel, kepolisian dan terutama kalangan orang tua,“ ujar Haris Yani Tambunan, Jumat (18/5).

Menurutnya, peran kepolisian dan BNNK Tapsel dalam memberantas dan menangulangi penyalahgunaan narkotika di wilayah Angkola Selatan tentu membutuhkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat dan diperlukan peran aktif semua pihak.

“Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba harus melibatkan seluruh elemen masyarakat dan saya berharap peran BNNK yang merupakan wadah bagi semua elemen masyarakat dalam rangka melakukan pemberantasan penyalahgunaan narkotika perlu juga dioptimalkan,“ tuturnya.

Haris Yani Tambunan yang juga wakil rakyat yang berasal dari Daarah Pemilihan (Dapil) Angkola Selatan, Angkola Barat dan Angkola Sangkunur ini menambahkan, maraknya peredaran narkotika khususnya jenis sabu dan ganja ini telah merasuki kalangan anak muda.

Bahkan dari informasi yang dihimpunnya sewaktu melaksanakan reses di Kecamatan Angkola Selatan telah terbukti bahwa penyalahgunaan narkotika di daerah tersebut telah mengalami peningkatan.

“Lebih menprihatinkan lagi, mayoritas pengguna narkoba adalah kalangan anak muda. Tentu saja ini tidak bisa dibiarkan dan harus ada tindakan tegas dari aparat hokum untuk memerangi penyalahgunaan narkotika agar generasi muda tidak semakin terjerumus oleh ketergantungan terhadap narkotika,“ jelasnya.

Haris Yani juga mengapresiasi upaya yang dilakukan BNNK Tapsel dengan melakukan aksi sosialisasi bahaya narkotika ke masyarakat maupun sekolah-sekolah dan para pekerja di salah satu perkebunan swasta yang ada di Angkola Selatan.

“BNNK Tapsel dalam hal ini diharapkan ke depan lebih aktif lagi melakukan sosialisasi ke pedesaan, mengingat hal ini adalah masalah serius. Kalau ini tidak segera disikapi maka hancurlah generasi penerus yang hanya tinggal menunggu hari saja, apalagi berdasarkan data kepolisian, kasus narkoba di Angkola Selatan yang berhasil diungkap setiap tahunnya mengalami kenaikan,“ imbuhnya.

Terpisah Kepala BNNK Tapsel AKBP Siti Aminah Siregar mengatakan BNNK Tapsel akan terus melakukan upaya-upaya pencegahan secara dini terhadap semakin maraknya peredaran narkotika khususnya di wilayah Kecamatan Angkola Selatan.

“Upaya yang dilakukan BNNK Tapsel salah satunya adalah melalui program penangulangan secara preventif yakni dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, lembaga pendidikan dan pekerja. Tentunya upaya yang kami lakukan ini juga perlu dukungan seluruh stakeholder untuk sama-sama menolak narkoba,“ papar AKBP Siti Aminah. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar Anda

Berita Terkini