Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

KPPU KPD Medan Sidak Feedlooter Sapi, Pastikan Stok Aman Sampai Lebaran

Harian 9 author photo
Ketua KPPU KPD Medan Ramli Simanjuntak, Kepada Bagian Pemasaran PT Juang Abdi Alam dalam sidak stok danging sapi beserta harga. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang diketuai langsung oleh Kepala KPD KPPU Medan, Ramli Simanjuntak bersama staff KPPU KPD Medan melakukan sidak ke feedlooter PT Juang Abdi Alam di kawasan Tanjung Morawa, Deli Serdang. 

Kepala KPPU KPD Medan Ramli Simanjutak mengungkapkan,masyarakat tak perlu panik terhadap stok daging sapi,bahwasanya stok untuk daging sapi di medan khususnya aman, katanya kepada para awak media di PT Juang Abadi Alam di kawasan Tanjung Morawa Deli Serdang, Jumat (18/5/2018).

Ramli menambahkan bahwa hasil sidak itu bahwa ketersediaan sapi stoknya banyak dan aman.Untuk itu stok sapi yang akan di potong di RPH aman untuk wilayah Sumut serta wilayah Aceh.

Jadi masyarakat tak perlu hawatir akan stok daging sapi jelang lebaran nanti,untuk harga juga tidak mengalami kenaikan di pihak feedlooter yang saat ini menjual Rp.42.000 per Kgnya.Yang harus kita telusuri dan penuh perhatian lebih lanjut ke pedagang di pihak ke 1,2,3 atau pihak ke 4 ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemasaran PT Juang Abdi Alam David Yasir mengatakan saat ini stok sapi tersedia 3.900 ekor dan ada sekitar 2.200 siap potong. Dinyatakannya hingga Lebaran tepatnya sampai bulan Agustus stok sapi aman.

Dirincikannya dari 3.900 ekor sapi tadi terdapat harga yang ditawarkan ke pembeli dengan pilihan sapi jantan (steer) Rp.42.000 per kg sedangkan sapi betina (healfar) Rp.41.800 per kg nya. 

“Nah, harga jual ini tak berubah dari bulan lalu. Sedangkan harha beli kami Rp49.000 per kg. Adapun sapi yang ada di peternakan ini berasal dari Australia. Kenapa kemarin harga daging sapi naik jadi Rp130.000 per kg karena adanya pedagang musiman di saat hari besar agama seperti jelang puasa dan lebaran dan kompleksitas pemotongan naik jadi 200 persen. Begitupun harga tersebut masih wajar,” jelasnya.

David juga menuturkan, sudah ada langganan tetap yang membeli sapi di feedloter ini yang berasal dari Medan dan Aceh. Begitupun ia mengatakan siapa saja bisa membeli langsung sapi di PT Juang Abdi Jaya termasuk masyarakat biasa namun pihaknya yang menentukan tempat Rumah Potong Hewan (RPH) untuk menghindari pemotongan yang salah.

“Saat ini untuk permintaan masih sepi dan itu berlangsung sekitar seminggu awal puasa. Permintaan meningkat nanti memasuki H-5 sampai H-2 Lebaran seperti tahun lalu kenaikan mencapai 224 persen. Dan, di sini dijamin jelang lebaran tak ada kenaikan harga sapi,” pungkasnya. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini