Menkeu: Kualitas Integritas Anda Teruji Ketika "Uang Bicara"

Harian 9 author photo
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) di Auditorium FEB UI, Depok (16/05). (Foto: kemenkeu)


DEPOK| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan integritas sejati seseorang akan teruji pada saat dia mendapat godaan memperoleh keuntungan yang besar. 

Hal ini disampaikannya dalam kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) bertema “Reformasi Fiskal: Mengapa dan Bagaimana?” di Auditorium FEB UI, Depok, Rabu (16/05).

“Bisa saja kita semua bicara tentang kejujuran. Tapi the real test adalah  ketika anda menghadapi “real money,” tuturnya.

Dicontohkannya, setiap manusia punya kecenderungan untuk tergoda sesuatu yang bisa menguntungkan dirinya. Mudah bagi seseorang untuk bicara integritas, namun ujian yang sesungguhnya adalah ketika “real money” terlibat dalam suatu urusan.

“Antara Wajib Pajak-nya dengan petugas pajaknya bilang kenapa sih kita susah-susah ngurusi Republik aja? Ibu (wajib pajak) harusnya bayar 100, Ibu mau nggak tak bikin 25 aja, nanti sebagian 25 untuk saya. Saya tidak bicara tentang sesuatu yang nanti akan terjadi,” contohnya memberikan gambaran beratnya seseorang untuk menolak godaan uang yang ada pungkasnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini