Pers Berperan Penting Dalam Proses Pesta Demokrasi

Harian 9 author photo
Ketua KPU Kota Padangsidimpuan DR Arbanur Rasyid, MA didampingi Komisioner KPU Koordinator  Divisi Sumber SDM dan Parmas Mukhtar Helmi memberikan keterangan pers di Sekretariat KPU Kota Padangsidimuan Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Jum,at (3/5). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan DR Arbanur Rasyid, MA menyatakan, media massa (pers) disebut dapat menjadi kunci penting dalam proses dan suksesnya pesta demokrasi khususnya dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018. 

Karena itu, KPU yang bertugas sebagai pelaksana Pemilu selalu berupaya untuk menggandeng media massa.

“Begitu strategisnya peran media massa tersebut, maka media massa bisa menjadi peran penting dalam suksesnya Pilkada serentak yakni Pilgubsu dan Pilkada Kota Padangsidimpuan,“ ujar Ketua KPU Kota Padangsidimpuan DR Arbanur Rasyid, MA didampingi Komisioner KPU Koordinator  Divisi Sumber Daya Manusia dan Parsipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) Mukhtar Helmi dalam keterangan pers di Sekretariat KPU Kota Padangsidimuan Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Jumat (3/5).

Lebih lanjut Arbanur Rasyid mengatakan, pers bisa merepresentasikan keinginan publik yang dapat dituangkan dalam masukan kepada pemerintah ataupun penguasa melalui karya jurnalistik di media massa.

“Apalagi pers memiliki jaringan yang mengakar di tengah masyarakat dan lepas dari struktur birokrasi dan pemerintahan. Oleh karena itu penting, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keberadaan pers,“ kata Arbanur.

Selain itu kata Arbanur, pers juga memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi (sosialisasi) mengenai proses dan ketentuan tahapan Pilkada serentak, kinerja peserta Pilkada, serta hak dan kewajiban calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Pilkada tidak akan membawa perbaikan jika publik tidak mendapatkan informasi yang benar dan berimbang, menyangkut sistem pemilihan serta kualitas  calon Kepala Daerah yang ikut Pilkada.

“Melalui peran tersebut pers ikut aktif melakukan pendidikan politik, yaitu membantu masyarakat menentukan pilihan politik mereka. Selain itu, pers juga berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan Pilkada, dengan melaporkan praktik-praktik curang, sejak tahap pendaftaran calon hingga penghitungan suara,“ katanya.

Ia menambahkan, media massa juga sebagai elemen yang dapat mencegah konflik sebagai ekses dari pelaksanaan Pilkada, karena selain berperan penting dalam pengawasan Pilkada, media massa bisa menjadi agen pengawas Pilkada untuk menengahi potensi konflik yang mungkin terjadi. 

"Hal ini bisa dilakukan jika pers membuat berita secara benar dan professional,” paparnya.

“KPU Kota Padangsidimpuan mengajak pers untuk sama-sama turun dan turut mensukseskan pesta demokrasi Pilkada serentak yakni Pilgubsu dan Pilkada Kota Padangsidimpuan tahun 2018, sehingga dengan pemberitaan dan sosialisasi yang ditulis wartawan melalui media massa masing-masing dapat meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di Kota Padangsidimpuan. Kami sangat membutuhkan peran pers menuju Pilkada yang bersih, jujur, adil dan demokrasi,“ paparnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar    


Komentar Anda

Berita Terkini