POLRES LABUHANBATU LAUNCHING APLIKASI E-SIMPATI

Harian 9 author photo
Kapolres Labuhanbatu AKBP. Frido Situmorang SH.SIK menandatangani naskah MoU. (Foto: Thamrin Nasution)


LABUHANBATU| HARIAN9
Kepolisian Resor (Polres) Labuhanbatu melakukan launching aplikasi e-Simpati di Mapolres Labuhanbatu, Senin (14/05/18) ditandai dengan penanda-tanganan MoU bersama Pihak Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Labuhanbatu.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP. Frido Situmorang SH.SIK. mengatakan, tujuan penggunaan aplikasi e-simpati ini berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses penegakan hukum serta merupakan salah satu upaya mempermudah informasi kepada masyarakat.

"Aplikasi e-simpati ini servernya berada di Mapolres Labuhanbatu dan terintegrasi pelangsing ke Kajari Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) PN Rantauprapat serta ke Lapas kelas II Rantauprapat," jelasnya.

Salah satunya pada fitur surat pemberitahuannya perkembangan hasil penyidikan (SP2HP) dengan adanya fitur ini. 

"Masyarakat yang melaporkan suatu perkara tidak perlu repot-repot datang ke Mapolres untuk menanyakan perkembangannya," sebut Kapolres

Dikatakannya, dalam aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi penyidik Kepolisian khususnya bagi yang berada di Polsek-Polsek pedalaman tidak perlu lagi harus datang ke kantor Kajari namun cukup dengan mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke sistem aplikasi e-simpati tersebut

"Sistem akan terintegrasi secara otomatis melalui server di tiap-tiap Instansi baik di Polres, Kejaksaan, Pengadilan hingga ke Lapas," sebutnya.

Acara ini dihadiri Kasi Pidum Kajari Labuhanbatu Daniel Sitinjak SH, perwakilan Kajari Labusel Perwakilan PN Rantauprapat dan Lapas kelas II Rantauprapat serta seluruh Penyidik di Jajaran Polres Labuhanbatu. (Trn9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini