Rakernis PPL Dan Panwascam Tiga Kecamatan Digelar Di Panai Hulu

Harian 9 author photo
Ketua Panwascam Panai Hulu,Panai Tengah dan Panai Hilir bersama Panwaslih Kabupaten Labuhanbatu.(Foto: Thamrin Nasution)


LABUHANBATU| HARIAN9
Rapat Kerja Teknis ( Rekernis) Pengawas Pemilu Lapangan ( PPL) dan Panwascam untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara diikuti dari tiga Kecamatan yakni,Kecamatan Panai Hulu,Panai Tengah dan Kecamatan Panai Hilir dilaksanakan di Lapangan Futsal Nogu, Teluk Sentosa Panai Hulu, Jum'at (11/05/18) 

Kepala Sekretariat  Panwascam Panai Hulu, Burhanuddin Harahap dalam laporannya  menyampaikan pertanggung jawaban dalam pelaksanaan Rakernis yang dilaksanakan dan mengharapkan agar PPL dapat mengikuti penjelasan dari Nara sumber untuk dijadikan pedoman dilapangan nantinya.

Sementara Ketua Panwaslih Labuhanbatu Makmur Munthe menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh Anggota Panwascam Panai Hulu,yang telah menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Rakernis yang dilaksanakan ini.

"Khusus kepada Anggota PPL sangat diharapkan agar benar-benar dapat mengikuti apa-apa yang disampaikan dari Narasumber, dengan pembekalan ini diharapkan PPL akan lebih berhasil melaksanakan tugas dilapangan," katanya.

Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Fahrizal Rambe SH. mengatakan kegiatan Rakernis PPL ini bertujuan, untuk menambah pengetahuan PPL dalam rangka menghadapi tahapan pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 dan saat ini sedang berjalan tahapan kampanye.

Menurut Fahrial, Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugasnya wajib mempedomani 5(lima) point yaitu, Pertama bersikap tidak diskriminatif, Kedua. menyampaikan laporan kepada Panwas Kecamatan berkaitan dengan adanya dugaan tindakan yang mengakibatkan terganggunya tahapan penyelenggaraan di Tingkat Kelurahan/Desa. Ketiga, menyampaikan temuan dan laporan kepada Panwas Kecamatan berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh PPS dan KPPS yang mengakibatkan terganggunya penyelenggaraan tahapan pemilihan ditingkat Kelurahan/Desa. Keempat, menyampaikan laporan pengawasan atas tahapan penyelenggaraan pemilihan dan Kelima, melaksanakan kewajiban lainnya.

"Saya selaku Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran perlu saya ingatkan: Setiap kali temuan pelanggaran harus dituangkan dalam bentuk tulisan dan tidak dengan kata lisan,kalau itu temuan PPL harus dibuat LHPP nya apapun temuan itu harus ditulis," ucapnya

Kepada Panwascam diminta untuk memberikan Formulir A kepada PPL agar mereka punya pegangan bila terjadi pelanggaran formulir sudah dipegang PPL dan yang teramat penting PPL harus memahami  PERBAWASLU dan PERKPU ,tiap kali temuan pelanggaran harus ada saksi untuk menguatkan temuan tersebut., jelasnya. (Trn9) 



Komentar Anda

Berita Terkini