Serahkan Surat Kepercayaan, Dubes RI Janji Tingkatkan Kerjasama RI-Argentina

Harian 9 author photo
Dubes RI, di Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Republik Argentina, di kediaman resmi Presiden di Quinta de Olivos, Buenos Aires, Argentina, Rabu (16/05/2018).  (Foto: kemlu)


BUENOS AIRES| HARIAN9
Duta Besar (Dubes) RI di Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Republik Argentina, di kediaman resmi Presiden di Quinta de Olivos, Buenos Aires, Argentina, Rabu (16/05/2018). 

Dalam sesi dialog dengan Presiden Republik Argentina, Mauricio Macri, Dubes Niniek sampaikan akan meningkatkan kerja sama RI-Argentina di berbagai bidang.

Hal tersebut disambut baik oleh Presiden Macri yang saat itu juga menerima Surat Kepercayaan Dubes Amerika Serikat dan Panama. 

“Kami sangat mengharapkan kedatangan Kepala Negara Republik Indonesia pada KTT G20 di Buenos Aires", demikian harap Presiden Macri dalam perbincangan dengan Dubes Niniek Kun Naryatie.

Selain itu, Presiden Macri juga menyampaikan bahwa Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. 

Kunjungan tingkat kepala negara RI-Argentina terakhir kali dilakukan pada tahun 2013 oleh Presiden Argentina kala itu Cristina Fernandez de Kirchner kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Usai penyerahan Surat Kepercayaan, Dubes RI melaksanakan prosesi kenegaraan berupa peletakan karangan bunga di Lapangan Plaza San Martin, di pusat kota Buenos Aires. Prosesi tersebut diiringi oleh parade dan upacara militer.

Hubungan diplomatik Indonesia-Argentina merupakan salah satu yang tertua bagi Indonesia, yaitu 62 tahun. Hubungan diplomatik kedua negara resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 1956. 

KBRI di Buenos Aires mulai berfungsi sejak April 1957, sedangkan Kedutaan Besar Argentina di Jakarta dibuka pada tahun 1959. (kemlu/03)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini