Dandim 0824 Jember Perintahkan Jajarannya Tingkatkan Kewaspadaan

Harian 9 author photo
 Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Pelaksanaan Idul Fitri 1439 H di Kabupaten Jember sebagai Kabupaten yang memiliki 95 persen penduduk beragama Islam dari tahun ke tahun memang berjalan relatif kondusif namun dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi wilayah sebagai aparat keamanan Kodim 0824 beserta jajarnnya tetap meningkatkan kewaspadaanya.

Hal tersebut terungkap pada hasil wawancara khusus dengan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar pada Sabtu (09/06/2018) Pukul 11.00 WIB di Kediamannya terkait pengamanan jelang Idul Fitri 1439 H.

Menurut Letkol Inf Arif Munawar tugas TNI dalam pengamanan membantu perkuatan terhadap Polri, sehingga untuk pengamanan di Kabupaten Jember ini Kodim 0824 Jember memberikan bantuan perkuatan kepada Polres Jember, namun demikian kita sebagai aparat komando kewilayahan harus benar-benar mampu mewujudkan rasa aman tersebut disetiap jengkal wilayah di Kabupaten Jember.

Secara fisik kita sudah beberapa kali saya bersama Kapolres Jember melaksanakan patroli-patroli wilayah, kemudian anggota bersama anggota Polres Jember juga secara periodik setiap harinya juga melaksanakan patroli bersama, hal ini tentunya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Jember.

Terkait pengamanan Idul Fitri 1439 H ini memang ada beberapa bagian wilayah yang mendapatkan porsi pengamanan lebih diantaranya untuk arus mudik disepanjang jalan utama dari Jatiroto hingga Perbatasan Banyuwangi, termasuk pintu keluar masuk dari arah Bondowoso sudah ditempatkan Pos-pos pengamanan yang melibatkan Polres Jember, Kodim 0824, Petugas Medis, Orari dan lain-lain.

Pos-pos pengamanan tersebut diposisikan di bagian-bagian yang sering menjadi simpul kemacetan dan rawan kecelakaan,  hal itupun masih didukung oleh Pos Terpadu.

Selanjutnya di pusat-pusat keramaian masyarakat seperti di terminal bus Tawang Alun, Terminal Arjasa dan Terminal Pakusari juga kita tempatkan pos pengamanan dan pelayanan masyarakat, termasuk di obyek-obyek wisata yaitu di Watu Ulo, Pantai Pancer Puger.

Hal tersebut merupakan rumusan pengamanan yang telah disusun bersama Polres jember dalam rangka mewujudkan kondusifitas selama lebaran.
Lebih lanjut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menegaskan terkait pengamanan ini kita tidak hanya mendukung personel yang ada dopos-pos tersebut saja tetapi kita juga menyiagakan satu pleton bersifat on call.

Letkol Inf Arif Munawar juga menyampaikan bahwa dirinya sudah menginstruksikan seluruh jajaran untuk mengintensifkan patroli wilayah berkoordinasi dengan aparat terkait lainnya dilapangan dengan sasaran tempat keramaian masyarakat, pasar, tempat ibadah dan lain-lain.

Saat ditanyakan sejauhmana ancaman keamanannya hingga dilakukan pengamana  berlapis seperti itu, Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa pengamanan seperti ini memang hal yang selalu dilakukan oleh Kodim 0824 tidak hanya karena menjelang Lebaran atau alasan lainnya tetapi inilah kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagai aparat Komando Kewilayahan.

"Hal tersebut tentunya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI terutama Kodim 0824 Jember dalam rangka menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dengan menjadikan potensi wilayah sebagai potensi pertahanan negara, sehingga keamanan merupakan kepentingan utama yang harus mampu diwujudkan dalam menyelenggarakan tugas kewilayahan tersebut, kata Letkol Inf Arif Munawar.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0824 Jember mengajak Masyarakat untuk mematuhi tata tertib, mematuhi hukum dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1439 H, bagi yang mudik hati-hati dijalan perhatikan faktor keselamatan selama menggunakan kendaraan, amankan rumah dan dikunci, dimatikan hal-hal yang memicu kebakaran  dan lain-lain.Selamat menyambut datangnya Idul Fitri 1439 H. (Sis24)    
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini