Gandeng Pelaku Usaha, Kemendag Kembali Gelar Bazar Ramadan di Kantor Ciracas

Harian 9 author photo


CIRACAS| HARIAN9
Kementerian Perdagangan menggelar Bazar Ramadan di Kantor Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu di Ciracas, Jakarta Timur, hari Rabu (6/6). Bazar ini merupakan bagian dari kegiatan Bazar Ramadan Kemendag yang digelar di bulan puasa 2018.

Kemendag kembali bekerja sama dengan pihak swasta untuk menyiapkan berbagai barang kebutuhan pokok (bapok) dengan harga terjangkau untuk masyarakat di sekitar kantor Kemendag di Ciracas.

“Bazar Ramadan ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat umum di sekitar lingkungan kantor Kemendag. Kemendag menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” kata Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono saat membuka Bazar Ramadan di Kantor Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Ciracas.

Tahun ini, Bazar Ramadan Kemendag digelar di empat lokasi. Keempat lokasi tersebut adalah Kantor Pusat Kementerian Perdagangan pada 4-7 Juni 2018, kantor Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Ciracas pada 6-7 Juni 2018, Kantor Direktorat Metrologi Bandung pada 30-31 Mei 2018, dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian Cihanjuang pada 28-29 Mei 2018.

Program Bazar Ramadan Kemendag terlaksana melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari sektor swasta. Bazar Ramadan di Ciracas membuka 34 stan yang menjual bapok dengan harga jual di bawah harga pasar. 

Barang-barang yang dijual pada Bazar Ramadan meliputi bapok seperti beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabe, bawang, dan produk UKM.

Diingatkannya, agar masyarakat tetap menjadi konsumen cerdas selama bulan Ramadan.

“Membeli barang sesuai dengan kebutuhan, serta tetap memperhatikan standar mutu barang yang dibeli. Pastikan barang yang dikonsumsi tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan,” ujarnya.

Tembus Rp.635 Juta di Kantor Pusat

Sementara itu, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Ninuk Rahayuningrum mengatakan para pengisi Bazar Ramadan di Kantor Pusat Kemendag, hingga hari kedua pelaksanaan, Rabu (6/6) telah mencatatkan transaksi Rp.635 juta. 

Hasil ini diperoleh dari penjualan sembako murah kepada masyarakat di sekitar kantor.


“Jumlah transaksi harian pada Bazar Ramadan di Kantor Pusat Kemendag pada hari pertama mencapai Rp.275 juta, dan hari kedua Rp.360 juta. Kami berharap Bazar Ramadan kali ini dapat memberi manfaat kepada masyarakat untuk menyambut hari Lebaran,” jelas Ninuk. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar

Komentar Anda

Berita Terkini