JALIN SILAHTURAHMI DENGAN MASYARAKAT SATGAS YONIF 121/MK LAKSANAKAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI BULAN RAMADHAN

Harian 9 author photo
(Foto: Pendam I/BB)

PAPUA| HARIAN9
Bagi umat Islam bulan Ramadhan memberi banyak berkah dan sangat istimewa. Pertama, tentu karena ada ibadah puasa yang menjadikan muslim dapat membina dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat menghindari diri dari perbuatan yang buruk. 

Puasa juga memberi kemampuan bagi muslim untuk meninggikan derajat diri, juga memberi motivasi bagi diri untuk menjadi hamba Allah yang berbakti dan tentunya lebih dekat.

Tidak hanya puasa, bulan Ramadhan juga biasa diwarnai dengan pelaksanaan ibadah shalat taraweh, tadarus dan juga ibadah lainnya yang pahalanya berlipat ganda. 

Ibadah tersebut selain menghasilkan pahala yang berlipat, juga meningkatkan silaturahmi antar manusia. Itulah kenapa bulan suci ini selalu ditunggu-tunggu.

Masih ada keistimewaan dari bulan Ramadhan lainnya. Antara lain, fakta bahwa kitab suci umat Islam, Al Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Tepatnya, pada tanggal 17 Ramadhan. 

Momentum istimewa tersebut selalu diperingati dengan menggelar tadarus atau baca Al Quran bersama-sama di masjid atau di rumah masing-masing, sampai menjelang sahur.

Selain agar tetap terjalin hubungan silahturahmi dengan masyarakat serta dalam rangka menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa di bulan Ramadhan ini Satgas Yonif 1221/MK melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan bersama masyarakat. 

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain Pengajian dan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran, pemberian Kuliah Tujuh Menit (Kultum) dan pertunjukan seni musik Marawis.serta menyelenggarakan buka puasa bersama dengan masyarakat.

Pada pemberian Kultum yang rutin diisi oleh prajurit-prajurit Satgas Yonif 121/MK dilakukan secara bergantian dengan masyarakat di masjid-masjid yang ada di sekitar pos-pos perbatasan selama bulan Ramadhan ini, seperti halnya di Masjid Miftahul Huda di Kampung Wonorejo Keerom Papua. 

Sementara itu di Masjid Al Irsyad Kampung Wambes personel Satgas Yonif 121/MK menggelar pengajian rutin dan mengajar mengaji kepada anak-anak dan remaja. 

Demikian juga untuk seni musik Marawis yang dimiliki Satgas Yonif 121/MK yang terus mengisi kegiatan-kegiatan di masjid-masjid yang ada di sekitar pos perbatasan, dimana sebelumnya juga pernah diundang di Polres Keerom dalam acara buka puasa bersama, dan di Koramil Arso serta di Masjid Kuba Arso Kota bersama-sama dengan masyarakat.


Kegiatan-kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan prajurit Satgas Yonif 121/MK kepada Tuhan Yang Maha Esa serta juga menjalin silahturahmi kepada masyarakat di sepanjang garis batas negara, karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan kebahagiaan, bahagia karena pintu ampunan dan keberkahan makin terbuka lebar. 

Selain itu bulan Ramadan juga membawa umat dalam kehidupan religius yang lebih dalam, iman yang lebih kuat dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar 
Komentar Anda

Berita Terkini