Kemendag Kembali Gelar Pasar Murah Ramadan 2018 di Jawa Tengah

Harian 9 author photo
Kementerian Perdagangan bersama pihak swasta kembali menyelenggarakan kegiatan Pasar Murah Ramadan 2018 di Jawa Tengah yaitu di Solo, Klaten, dan Boyolali. (Foto: kemendag)


SOLO| HARIAN9
Kementerian Perdagangan bersama pihak swasta kembali menyelenggarakan kegiatan Pasar Murah Ramadan 2018 di Jawa Tengah yaitu di Solo, Klaten, dan Boyolali.

Sebelumnya kegiatan ini telah dilaksanakan di 20 titik di Jawa Tengah awal Ramadan lalu. Kegiatan ini merupakan rangkaian pasar murah yang dilaksanakan di 400 titik di kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Kemendag mendukung penuh inisiatif pihak swasta bekerja sama dengan pondok pesantren dalam menyelenggarakan Pasar Murah Ramadan. Tujuannya adalah agar seluruh keluarga dapat membeli sembako dengan harga lebih terjangkau,” tegas ungkap Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Sarana Perdagangan Eva Yuliana.

Penyelenggaraan pasar murah kali ini dipusatkan di tiga titik, yaitu Pondok Pesantren Al Muayyad di Solo, TPA Roudlotul Anam di Klaten, dan Pondok Pesantren Nurul Quran Boyolali.

Penyelenggaraan pasar murah di Jawa Tengah ini merupakan bentuk kerja sama Kemendag dengan Indofood dan Primanusa Lentera Agung.

Setiap titik pasar murah dijual 500-1000 paket barang kebutuhan pokok. Setiap paket terdiri atas 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2kg gula pasir, 1 botol sirop. Kemudian hasil penjualan paket tersebut disumbangkan kepada pesantren untuk meningkatkan sarana dan prasarana pondok pesantren.

“Pasar murah ini bukan 'bagi-bagi sembako' karena warga harus tetap membeli. Pendapatan dari penjualan yang Rp.50.000 tersebut disumbangkan kembali ke pesantren. Jadi, lewat kegiatan ini ada dua tujuan terpenuhi, yaitu membantu keluarga dan memberdayakan pesantren,” ujar Eva.

Sebelumnya kegiatan pasar murah Ramadan 2018 telah dilaksanakan di Kalimantan Tengah (Batola dan Kuala Kapuas), Jawa Barat (Cirebon dan Bandung), Jawa Tengah (Semarang, Solo, Klaten, dan Boyolali), Jawa Timur (Jember dan Surabaya), Lampung, serta Sumatera Utara (Medan). (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar Anda

Berita Terkini