Libur Lebaran, Jalinsum Aek Sijornih Tapsel Macet Hingga 8 Kilometer

Harian 9 author photo
Untuk melancarkan arus lalu lintas, personil Sat Lantas Polres Tapsel melakukan pegaturan lalu lintas di Jalan Nasional lokasi objek wisata air Aek Sijornih Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapsel, Selasa (19/6).  (Foto : Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Jalan Nasional Padangsidimpuan-Panyabungan tepatnya di Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengalami kemacetan cukup parah hingga mencapai 8 kilometer dari dua arah, saat warga hendak menikmati liburan lebaran bersama keluarga di lokasi wisata air Aek Sijornih, Selasa (19/6).

Suasana di Jalan Nasional terlihat padat merayap. Ratusan kendaraan berbagai ukuran, nyaris tidak bergerak hingga berjam-jam akibat banyaknya kenderaan yang parkir sembarangan dan kurangnya penataan parkir kenderaan di dua sisi bahu jalan, dan kenderaan umum yang sesukanya menaikkan dan menurunkan penumpang di lokasi obyek wisata air Aek Sijornih disinyalir menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang.

Sementara puluhan personil Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tapsel dipimpin Kasat Lantas AKP Muri Yasnal, SH yang terjun ke lokasi kemacetan awalnya terlihat cukup kewalahan mengatur arus lalu lintas, apalagi banyak pengendara yang tidak sabar ingin mendahului kenderaan di depannya, terutama kenderaan jenis sepeda motor.

Untuk melancarkan arus lalu lintas, petugas harus menerapkan sistim buka tutup jalan dan melakukan pengaturan sistim parkir yang baik dan rapi bekerjasama dengan petugas parkir  setempat agar kenderaan yang parkir tidak mempersempit badan jalan.

Zahruddin, seorang pengunjung wisata air Aek Sijornih menyampaikan, kemacetan seperti itu sukar dielakkan apalagi di liburan lebaran, apalagi ramainya pengunjung yang datang ingin menikmati liburan di lokasi wisata air Aek Sijornih.

Dikatakannya, kepadatan pengunjung dengan menggunakan berbagai kenderaan yang mendatangi lokasi objek wisata air Aek Sijornih setiap tahunnya apalagi di saat libur lebaran diduga salah satu penyebab kemacetan di ruas Jalan Nasional Aek Sijornih, menyebabkan antrian cukup panjang.

“Namun dibanding tahun lalu, untuk tahun ini kemacetan cepat terkendali dan saya salud dengan kegigihan personil Sat Lantas Polres Tapsel yang melakukan pengaturan lalu lintas,“ ucap Zahruddin.

Sementara Liandi Nasution seorang petugas parkir di lokasi wisata air Aek Sijornih menuturkan, pengunjung yang dating terkadang parkir sembarangan, bahkan banyak pengendara yang memarkirkan kenderaannya tidak pada tempatnya, sehingga mempersempit badan jalan.

“Kita sudah arahkan dan memberikan tanda untuk parkir kenderaan agar pengemudi kenderaan memarkirkan kenderaan secara teratur, tetapi banyak pengemudi yang tidak sabaran, sehingga begini jadinya, selalu terjadi macet, “ kesalnya.

Terpisah, Kapolres Tapsel AKBP. M Iqbal, SIK, M.Si melalui Kasat Lantas AKP Muri Yasnal, SH  yang dikonfirmasi mengaku kalau kemacetan di Jalan Nasional Aek Sijornih sudah sering terjadi, apalagi di hari libur, karena ramainya pengunjung yang datang dengan menggunakan kenderaan.

Menurut Kasat, dengan melakukan sistim buka tutup jalan, mudah-mudahan arus lalu lintas pada lebaran tahun ini khususnya di lokasi wisata air Aek Sijorni dapat terkendali dan tidak ada kendala mengalami kemacetan , sehingga pengemudi kenderaan lebih tenang dan lancar saat melewati ruas Jalan Nasional Aek Siornih, yang mana setiap tahunnya selalu dipadati pengunjung.

“Belajar dari pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini, kami telah mengantisipasi kemacetan, yang salah satunya menerapkan sistim buka tutup dan melakukan pengaturan sistim parkir di bahu jalan yang baik dan teratur di bahu jalan agar tidak mempersempit badan jalan dan walau sempat terjadi kemacetan, namun pengguna jalan tidak lagi antrian dan menunggu hingga berjam-jam,“ ujar Kasat. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar Anda

Berita Terkini