Pemkab Tapsel Gelar Khatam Alquran

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pa­sa­ribu menyerahkan tali asih dan uang kerajinan kepada 42 peserta tadarus, pada acara khatam Alquran di Masjid Al-Irsyad, rumah dinas Bupati Tapsel, Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Selasa (12/6) malam. (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Dua hari menjelang berakhirnya bulan Ramadan 1439 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar khatam Alquran di Masjid Al-Irsyad, rumah dinas Bupati Tapsel, Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Selasa (12/6) malam.

Khatam Alquran yang diikuti 42 peserta yang berasal dari lingkungan sekitar rumah dinas Bupati Tapael, dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M Pa­sa­ribu, Wakil Bu­pati Tapsel Ir Aswin Efendi Siregar, MM, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, Ketua MUI Tapsel, Ketua TP PKK Tapsel Hj. Syaufia Lina Syahrul, Ketua Dharma Wanita, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Camat, Kabag dan para Ustadz Pen­damping Tim Safari Ramadhan.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu sambutanya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Penggerak PKK dan Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al-Irsyad yang telah mendorong dan memberikan motivasi kepada anak-anak kita dalam membangun kecintaan anak-anak terhadap Al-Quran, sehingga dapat menjadikan anak-anak kita menjadi anak yang sholeh-sholehah dan beraklak mulia serta menjadi anak yang berguna terhadap orang tua, agama, bangsa dan Negara.

“Mari kita berdoa dan sekaligus berupaya untuk menyiapkan generasi muda kita disemua daerah yang ada di Tapsel maupun yang ada di Sumatera Utara ini, untuk menjadi generasi muda yang cinta dengan Alquran karena Alquran merupakan pegangan hidup kita didalam kehidupan keagamaan maupun kemasyarakatan,“ ujar Bupati

Bupati juga berharap untuk kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, begitu juga menjaga ukhuwah agar jangan sampai terpecah belah dan kerukunan antar ummat maupun toleransi beragama.

“Toleransi harus tetap kita jaga dan jadikanlah contoh teladan ditengah-tengah masyarakat karena sesungguhnya Islam itu merupakan agama Rahmatan Lil alamiin Rahmat dari sekalian alam,“ harapnya.

Sebelumnya,  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapsel Hj. Syaufia Lina Syahrul mengucapkan terima kasih kepada anak-anak peserta tadarusan, karena apa yang telah dilakukan ini merupakan modal awal sebagai generasi penerus agama, bangsa dan Negara.

Disebutkannya, peserta khatam mendapat bantuan uang kerajinan yang jumlahnya berpariasi sesuai absensi mereka, karena setiap siang dan malam saya absen kehadirannya selama mengikuti Tadarus Al Quran.

“Oleh karena itu saya mohan kepada para Al-Ustadz untuk terus dibimbing anak-anak kita ini, agar jangan sampai anak-anak kita menjadi rusak mentalnya terhadap pengaruh yang tidak baik,“ ucapnya.

Pada acara tersebut dilanjutkan dengan penyerahan 30 buah kopiah lobe, 42 buah baju koko, kain shalat dan uang kerajinan kepada 42 peserta tadarus dan tali asih kepada 20 para alim ulama yang sumber dananya berasal dari zakat infaq Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tapsel.

Selain itu juga ada bantuan uang kerajinan dari Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Kadis Perpustakan M. Yusuf dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapsel Bangun Ritonga begitu juga penyerahan santunan kepada 10 orang anak yatim dari Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Chairul Rizal Lubis.

Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan infaq dari keluarga besar H. Abdul Kahar kepada Masjid Asyasuddin Lingkungan IV Kelurahan Sayur Matinggi, Masjid Nurul Iman Desa Mondang  Kecamatan Sayur Matinggi, Masjid Al-Mukhlisin Desa Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi dan Masjid Al-Amal Desa Bangun Kecamatan Sayur Matinggi masing-masing Rp.10 juta.

Masjid Al-Azhar Desa Sijungkang Kecamatan Angkola Timur, Masjid Luhur Desa Pal XI Kampung Pasir Ampolu Kecamatan Angkola Timur, Masjid Alhidayah Kampung Huta Tunggal Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat, masing-masing Rp.10 juta.

Kemudian Masjid Assyuhada Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat sebesar Rp.11 juta yang merupakan infaq dari Hj. Khairuni Lubis binti H. Nudin Lubis, Masjid Al-Munawwir Kelurahan Pasar Sipirok Kecamatan Sipirok sebesar Rp.10 juta yang merupakan infaq dari Khairuni Lubis binti H. Nudin Lubis, Masjid Al-Ikhlas  Kampung Sugi Jae sebesar Rp.10 juta yang merupakan infaq dari dr. Aditya Pasaribu dan Hj. Syaufia Lina Syahrul.

Masjid Atthohiriyah Desa Tahalak Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola sebesar Rp.10 juta merupakan infaq dari Hj. Syaufia Lina Syahrul, Masjid Arraya Hasanah Desa Huristak Kecamatan Huristak sebesar Rp.10 juta, infaq dari Hj. Syaufia Lina Syahrul dan Masjid Bhakti PU Padangsidimpuan sebesar Rp.10 juta.

Adapun pemberian uang kerajinan dan bantuan infaq masjid tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Tapsel yang didampingi oleh Wakil Bupati, Sekda, Kadis Perpustakaan, Ketua Karang Taruna dan Pengurus BKM. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar Anda

Berita Terkini