Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Pemudik Agar Waspadai Jalur Aek Latong

Harian 9 author photo
Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar, MM bersama Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal, SIK, M.Si saat menghadiri apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2018 8 di Halaman Mapolres Tapsel, Rabu (6/6). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Ir. Aswin Efendi Siregar, MM mengimbau para pemudik yang melintasi wilayah Kabupaten Tapsel untuk mewaspadai jalur lintas Batu Jomba dan Aek Latong Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel, karena selain rawan kemacetan juga seringnya terjadi longsor bila musim hujan tiba.

“Jalur tersebut harus diwaspadai bagi para pemudik yang menggunakan kenderaan menjelang Lebaran,“ ujar Wakil Bupati usai menghadri gelar pasukan Operasi Ketupat Toba Tahun 2018 di Halaman Mapolres Tapsel, Rabu (6/6).

Lebih lanjut dikatakan, selain di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Aek Latong dan Batu Jomba, juga ada beberapa ruas jalan Kabupaten yang juga harus diwaspadai yakni di Kecamatan Angkola Selatan, Marancar dan Aek Bilah.

Ditambahkan, untuk mengantisipai kerawanan arus lalu lintas di jalur Jalinsum Aek Latong Sipirok, Pemkab telah telah berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan dan Jembatan Wilayah I Sumut-NAD agar menyiagakan alat berat di wilayah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya longsor. 

Demikian juga di jalan Kabupaten, Pemkab tapsel melalui Dinas PU juga telah menyiagakan alat-alat berat.

“Demi lancarnya arus lalulintas Idul Fitri 1439- H, selain mengerahkan personil, Pemkab Tapsel saya juga telah meminta Balai Besar Jalan dan Jembatan untuk menyiagakan alat berat dan tetap stand by di Aek Latong Sipirok, demikian juga di jalan Kabupaten, Pemkab Tapsel melalui Dinas PU juga telah menyiagakan alat-alat berat,“ jelasnya.

Diakui, memang daerah Tapsel termasuk daerah rawan longsor, karenanya disiapkan alat berat khususnya di daerah Aek Latong Sipirok, agar para pemudik tetap merasa lancar dan nyaman ketika berada di wilayah Tapsel.

“Kita akan berikan pelayanan terbaik bagi para pemudik ketika berada di wilayah Tapsel, sehingga para pemudik baik yang masuk maupun keluar melintasi Kabupaten Tapsel tetap lancar dan nyaman selama dalam perjalanan mudik, namun soal berapa jumlah personel yang akan dikerahkan, kita masih lakukan pendataan personil, yang nantinya akan bergabung dengan satuan dan intansi lain yang sudah disiapkan,” jelasnya.

Kepada pemudik, Wabup juga menyarankan agar ekstra hati-hati selama dalam perjalanan dan melengkapi surat-surat kendaraannya. Sementara jika lelah selama perjalanan agar beristirahat di Pos PAM untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

“Selain itu pemudik juga diingatkan selama dalam perjalanan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mempersiapkan kelayakan kendaraan, menggunakan pengaman kepala atau helm bagi pengendara sepedamotor dan tidak mengebut atau membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi,“ sebutnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini