Pj. Walikota Himbau Masyarakat Tingkatkan Keamanan Saat Rayakan Idul Fitri

Harian 9 author photo
Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H. Sarmadan Hasibuan, SH, MM didampingi Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK.MH dan Sekdakota Padangsidimpuan Drs.H Zulpeddi, MM, saat melakukan pemeriksaan pasukan pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2018 di Stadion H.M Nurdin Nasution Padangsidimpuan Rabu (6/6). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H. Sarmadan Hasibuan, SH, MM mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan keamanan menjelang dan saat merayakan Idul Fitri 1439 H, sehingga kondusiftas tetap terjaga.

Himbauan tersebut disampaikan Pj Walikota Padangsidimpuan DR H. Sarmadan Hasibuan, SH, MM usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2018 di Stadion H. M Nurdin Nasution Jalan Melati Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, Rabu (6/6).

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2018 di wilayah hukum Polres Padangsidimouan dihadiri Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK, MH, Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan Drs.H Zulpeddi, MM, Kepala LP Kelas II B Salambue Kota Padangsidimpuan Porman Siregar, Amd, IP, SH, MH, Kakan Sat Pol PP Kota Padangsidimpuan Arbiuddin Harahap SSTP dan diikuti peserta apel dari TNI, Polri, Sub Den Pom, Dishub Kota Padangsidimpuan, Sat Pol PP Kota Padangsidimpuan, BNPB Kota Padangsidimpuan dan Pramuka.

Lebih lajut Pj Walikota mengatakan, operasi Ketupat Toba 2018 yang dilakukan ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kekondusifan di Kota Padangsidimpuan. 

Dengan demikian masyarakat, termasuk warga pendatang yang datang untuk merayakan lebaran merasa aman dan nyaman. Disamping itu juga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas jelang maupun pasca lebaran.  

Diinstruksikannya, kepada seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa hingga Kepala  Lingkungan untuk meningkatkan keamanan di wilayah tugasnya masing-masing. 

Di samping mengaktifkan kembali Siskamling, seluruh apraturnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat itu dimintanya meningkatkan penjagaan terhadap rumah-rumah warga yang ditinggal mudik pemiliknya.

“Dengan thema ‘ Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1439 H’, saya mengapresiasi digelarnya Operasi Ketupat Toba 2018,“ ujar Pj. Walikota.

Ditegaskannya, keamanan bisa terwujud jika didukung penuh masyarakat. 

"Untuk itu diharapkan masyarakat agar tertib lalu lintas dan mematuhi seluruh peraturan maupun rambu lalu lintas yang ada,” tegasnya.

Sebelumnya, Pj. Walikota DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM membacakan arahan Kapolri Jenderal Pol Drs. Tito Karnavian  yang menekankan, empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai selama Operasi Ketupat 2018, yakni stabilitas harga, ketersedian bahan pangan, kelancaran dan keselamatan arus mudik dan balik Lebaran 2018. 

Selain itu, potensi bencana alam dan tindakan kriminal lainnya serta ancaman tindak pidana terorisme juga harus jadi perhatian.

Menurutnya, distribusi pangan masih sedikit bermasalah, sementara ancaman teror harus dilakukan upaya pencegahan di daerah vital dan pengamanan tempat ibadah serta tempat keramaian harus menjadi perhatian.

“Lakukan koordinasi dan jalin sinergitas yang baik dengan semua pihak, serta tetap lakukan pengamanan sesuai standar dan diback up dengan personil bersenjata dari institusi lainnya,” tuturnya.

Sementara Kapolres Padagsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, SIK, MH menyampaikan bahwa Operasi Ketupat Toba berlangsung selama 18 hari, dimulai 7-24 Juni 2018, dengan melibatkan semua unsur personel pengamanan gabungan yang terdiri dari TNI/Polri dan pemerintah. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                      

Komentar Anda

Berita Terkini