Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Polres Tapsel Musnahkan 39,9 Kg Ganja

Harian 9 author photo
Kepala BNNK Tapsel AKBP. Dra Siti Aminah Siregar dan Sekreatris Gerakan Anti Narkoba Tapsel Uli Panjaitan saat memeriksa barang bukti ganja yang akan dimusnahkan di lapangan tembak Mapolres Tapsel, Kamis (7/6). (Foto: Riswandy)



TAPSEL| HARIAN9
Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2018 sekaligus rangkaian HUT Bhayangkara ke-72 tahun 2018, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) memusnahkan barang bukti (BB) Narkotika jenis ganja kering seberat 39,9 kilogram lebih, di lapangan tembak Mapolres Tapsel, Kamis (7/6).

Pemusnahan BB narkotika jenis ganja ini dipimpin Waka Polres Tapsel Kompol H Dalimunthe, SH, dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel AKBP. Dra Siti Aminah Siregar, mewakili Dandim 0212/ TS mewakili Kajari Tapsel, mewakili Ketua PN Padangsidimpuan, Ketua Pengadilan Agama, mewakili Ketua Granat Uli Panjaitan dan disaksikan masyarakat beserta personil Polres Tapsel.

Pemusnahan ganja berbentuk daun, ranting, dan biji yang sudah kering tersebut dilakukan dengan cara dibakar, sehingga tidak dapat dipergunakan lagi. Berat gnja yang dimusnahkan 39,9 kilogram, setelah disisihkan sebahagian untuk keperluan laboratorium dan untuk kepentingan pembuktian perkara di pengadilan.

Waka Polres Tapsel Kompol H Dalimunthe, SH, mengatakan jajaran kepolisian khususnya Polres Tapsel sangat mengharapkan generasi muda untuk tidak mencoba-coba menggunakan Narkoba, karena selain merugikan diri sendiri, keluarga dan lingkungan, juga merugikan bangsa dan Negara.

“Pihak kepolisian khususnya Polres Tapsel yang membawahi tiga wilayah dalam meminimalisir penyebaran Narkotika akan terus melakukan penindakan tegas terhadap pelaku pengedar dan pengguna narkotika,“ tegasnya.

Sementara Kasat Narkoba Polres Tapsel AKP Zulfikar, SH melaporkan, ganja yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil tindak kejahatan narkotika selama bulan Mei 2018 dengan dua btersangka masing-masing SN dan EP.

“Barang bukti narkotika golongan I dalam bentuk tanaman ganja itu dimusnahkan berdasarkan hasil labolatorium forensik Polri Cabang Medan yang menyatakan bahwa barang bukti tersebut bersifat terlarang atau dilarang untuk diedarkan,“ jelas Kasat.

Usai pemusnahan barang bukti ganja, BNNK Tapsel D AKBP. Dra Siti Aminah Siregar, memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Tapsel yang telah melakukan pemusnahan barang bukti narkoba ini, sehingga masa depan anak bangsa banyak yang terselamatkan dari bahaya narkotika.

“Pemusnahan barang bukti narkotika secara transparansi ini adalah sebagai wujud komitmen bersama dalam pemberantasanpenyalahgunaan narkoba yang telah banyak meracuni generasi muda,” ungkap Siti Aminah

Sementara Ketua Gerakan Anti Narkoba (Granat) Tapsel diwakili Sekretaris Uli Panjaitan juga memberikan apresiasi kepada Polres Tapsel yang berhasil memberantas peredaran narkotika di wilayah hukum Polres Tapsel.

“Prestasi ini harus kita hargai, mengingat narkoba adalah musuh bangsa yang paling besar dan untuk mengantisipasi ini mari kita bergandengan tangan, demi mewujudkan Indonesia khususnya Tapsel yang bebas narkoba,“ kata Uli. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini