Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Satauan TNI AD Jajaran Makodim 0104/ Aceh Timur Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila Ke - 73

Harian 9 author photo
(Foto: Andi Saputra)

LANGSA| HARIAN9
Satuan TNI AD jajaran  Kodim 0104/Aceh Timur melaksanakan upacara dalam rangka memperingati  hari lahirnya Pancasila ke-73, pelaksanaan upacara  tersebut berlangsung  di lapangan makodim 0104/Aceh Timur tepatnya dijalan A. Yani kecamatan Langsa baro  yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis,  Jumat (01/06/2018).

Selain Itu,  Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Muhammad Iqbal Lubis membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, "Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. 

"Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita," ujar Dandim saat pelaksanaan upacara.

"Kita selalu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong," tambahnya.

Dandim menyampaikan juga Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat, Berbagai upaya terus kita lakukan dan  Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan. 

"Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya," ungkap Dandim.

Diakhir penyampaian Dandim mengatakan Sekali  lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. 

"Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan bangsa Indonesia," tutup Dandim.

Disamping itu, Acara  dilanjutkan dengan menyerahkan paket lebaran dari KASAD dan PRIKOMPAD Samudra   pasai yang dilakukan oleh Komandan104/Aceh Timur kepada Anggota Kodim 0104/Aceh Timur. (Andi9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini