324 Calhaj Kota Padangsidimpuan Mengikuti Manasik Akbar

Harian 9 author photo
Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM bersama Ketua DPRD Hj. Tay Aryani Tambunan, SH saat melepas peserta manasik akbar Calhaj Kota Padangsidimpuan dari alun-alun Halaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan menuju Mesjid Raya Al Abror Jalan Mesjid Raya Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, Minggu (15/7).  (Foto : Riswnady)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Sebanyak 324 Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kota Padangsidimpuan mengikuti manasik akbar Calhaj, yang dilaksanakan di Mesjid Raya Al Abror Jalan Mesjid Raya Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, Minggu (15/7).

Pelaksanaan manasik haji akbar yang dipandu Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Padangsidimpuan dan dilepas oleh Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM dari alun-alun Halaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan dihadiri Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Tay Aryani Tambunan, SH, Ketua MUI H. Zulfan Efendi Hasibuan, mewakili Kemenag Kota Padangsidimpuan Salman Siregar, S.Ag, pimpinan OPD serta para Calhaj Kota Padangsidimpuan.

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan SH, MM menyampaikan, kegiatan manasik akbar Calhaj ini sangat bermanfaat bagi calon jama'ah Haji yaitu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dan proses perjalanan haji yang sesuai dengan syariat Islam.

Sarmadan juga mengucapkan selamat kepada seluruh Calhaj Kota Padangsidimpuan yang telah mendapatkan panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini dan kepada Calhaj yang mengikuti manasik haji agar dapat menambah pengalaman, mendekatkan diri dengan teman-teman mengelola perasaan, dan mengendalikan emosi.

“Jadikan manasik ini pengalaman terbaik semua rukun dan syarat haji dapat kita lakukan. Kepada calon tamu Allah jaga kesehatan. Jadikan pengalaman manasik haji yang seperti ini untuk bekal bapak dan ibu,” katanya.

Pj. Walikota juga mengharapkan kepada Calhaj agar mengikuti pelaksanaan manasik akbar ini dengan sungguh sungguh dan pelajari seluruh materi yang di dapat dari manasik haji, sehingga pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya akan berjalan dengan sempurna sesuai dengan harapan kita bersama serta mencapai predikat Haji dan Hajja yang mabrur.

“Kepada kita semua agar dapat menyiapkan diri dalam menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, pun pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji agar dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna,“ ucapnya.

Sementara Ketua IPHI Kota Padangsidimpuan H Martua Raja Harahap menyampaikan, IPHI melaksanakan pelatihan manasik haji ini karena IPHI sebuah organisasi yang anggotanya sudah pernah melaksanakan ibadah haji sehingga bisa merasakan suka dukanya menunaikan ibadah haji.

“Selain itu, IPHI Kota Padangsidimpuan juga memiliki tanggung jawab moral untuk menghantarkan Calhaj supaya memahami dan bisa melaksanakan haji mandiri dengan manasik yang benar berdasarkan tuntunan Nabi,“ jelasnya.

Mewakili Kemenag Kota Padangsidimpuan Salman Siregar, S.Ag, selaku panitia pelaksana manasik haji akbar melaporkan bahwa, jumlah peserta bimbingan manasik haji akbar tersebut sebanyak 324 orang yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 14.

“Harapan kami kiranya para Calhaj kita ini  bisa mengikuti semua tuntunan haji sesuai dengan bimbingan yang telah dilaksanakan melalui manasik haji dan tetap menjaga kesehatan selama menjalankan manasik haji hingga terlaksananya ibadah haji nanti,“ terang Salman. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar Anda

Berita Terkini