5837 KPM Di Paluta Terima Dana PKH Tahap II Tahun 2018

Harian 9 author photo
Koordinator Pendamping PKH Paluta Irdan Hidayat Harahap saat menyalurkan dana PKH tahap II tahun 2018 kepada salah satu KPM beberapa waktu lalu. (Foto: Akhir S Rambe)

PALUTA| HARIAN9
Sebanyak 5837 keluarga kurang mampu atau keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sudah menerima bantuan sosial non tunai yakni Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II tahun 2018. Demikian disampaikan oleh koordinator Pendamping PKH kabupaten Paluta Irdan Hidayat Harahap, Rabu (18/7).

“Dana PKH tahap II untuk periode April-Juni sudah kita salurkan kepada 5837 KPM yang ada di Paluta,” ujarnya.

Dikatakannya, total nilai dana PKH tahap II ini sebesar Rp.2.918.500.000,- dan penyalurannya dilakukan melalui rekening masing-masing KPM yang bekerjasama dengan pihak Bank Mandiri.

Ditambahkannya, jumlah KPM di penyaluran dana PKH tahap II tahun 2018 ini mengalami penurunan dari jumlah KPM di tahap pertama. Ditahap pertama jumlah KPM di Paluta sebanyak 5843 KPM dengan total nilai dana sebesar Rp.2.921.500.000,-.

“Jumlah KPM di tahap pertama sebanyak 5843, ditahap II mengalami penurunan menjadi 5837 KPM,” katanya.

Penurunan jumlah peserta PKH tersebut karena ada peserta yang dikeluarkan secara alamiah (natural exit). Dan untuk penyaluran tahap III nantinya para pendamping PKH akan melakukan verifikasi dan peninjauan serta evaluasi untuk update data seluruh KPM di Paluta.

Untuk diketahui, pemerintah Republik Indonesia melalui kementerian Sosial RI menerapkan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat miskin untuk kategori balita, anak pra sekolah, anak usia pendidikan seperti SD, SMP maupun SLTA. 

Kemudian untuk menjamin kelancaran pelayanan kesehatan untuk ibu hamil, orangtua lanjut usia (lansia), penyandang cacat atau disabilitas berat. (Kadek9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini