BPJS Kesehatan Wilayah Sumut-Aceh GBCA Program JKN-KIS

Harian 9 author photo
Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatra Utara Aceh Bersama Perwakilan ke 4 Perwakilan Bank Auota Debit Sumatra Utara Aceh (Foto: Jaenal)





MEDAN I HARIAN9
BPJS Kesehatan kedeputian wilayah sumatera utara dan aceh melaksanakan penandatanganan komitmen besama implementasi layanan autodebit untuk pembayaran iuran peserta JKN-KIS segmen PBPU dengan keempat mitra perbankan yaitu BNI, BRI, Mandiri dan BCA dalam kegiatan Gathering Bank Channel Autodebit (GBCA) Program JKN-KIS Bersama BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Utara dan Aceh

Acara yang dihadiri oleh perwakilan keempat bank tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan auto debit pembayaran iuran peserta jaminan kesehatan nasional khususnya bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

Dengan penandatanganan komitmen bersama ini diharapkan pelaksanaan pembayaran iuran secara autodebit dapat lebih optimal dilaksanakan di masing-masing cabang bank mitra kerja seluruh Wilayah Sumatera Utara dan Aceh

"Kegiatan kita hari ini adalah sebagai implementasi dari Surat Edaran Bersama antara BPJS Kesehatan dengan BNI, BRI, Bank Mandiri dan BCA tentang Implementasi Layanan Auto Debit Pembayaran Iuran Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di tingkat pusat" ujar Mariamah, Deputi Direksi Wilayah Sumatera Utara dan Aceh Senin (9/07/2018)di Medan.

Adapun mekanisme layanan autodebit ini adalah Peserta JKN-KIS tinggal datang ke bank mitra dan mendaftarkan diri dan mengisi formulir kesediaan membayar iuran melalui autodebit. Peserta harus memastikan nomor rekeningnya benar sehingga tidak terjadi kesalahan pendebitan. 

"Pendaftaran autodebit juga bisa dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, yang kemudian BPJS Kesehatan akan menyampaikan ke Bank yang bekerja sama,” ujar Mariamah.

Ditambahkannya, khusus untuk peserta yang saat ini sudah terdaftar di kelas 1 dan 2 dan masih belum menggunakan metode pembayaran iuran secara autodebit, bisa langsung ke bank untuk mendaftar.  BPJS Kesehatan juga secara proaktif akan mengkontak (feedback) peserta untuk meminta persetujuan terkait pembayaran iuran secara autodebit. 

"Upaya ini kami lakukan disamping untuk memudahkan peserta dalam membayar iuran secara tepat waktu, meningkatkan kepatuhan peserta PBPU atau peserta mandiri, juga diharapkan dapat membantu meningkatkan sustainbilitas program JKN-KIS" ungakapnya.

Sementara Kepala Bidang Kepesertaan  dan Pelayanan Peserta BPJS  Kesehatan Cabang Medan Supriyanto Syahputra menuturkan,pada acara penandataganan komitmen bersama tersebut juga dikenalkan Aplikasi Mobile JKN kepada perwakilan keempat Bank Mitra BPJS Kesehatan. 

"Dalam aplikasi Mobile JKN ini, setiap orang bisa mendaftarkan diri menjadi peserta baru, atau bagi peserta lama bisa melakukan banyak hal-hal administratif yang biasanya dilakukan di kantor cabang seperti mengganti fasilitas kesehatan, naik kelas perawatan, mengecek jumlah iuran kepesertaan dan lain-lain" pungkasnya.(jae9)




Komentar Anda

Berita Terkini