BPJS Ketenagakerjaan Targetkan 200 Desa Sadar JSK Tahun ini

Harian 9 author photo
Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Eko Darwanto berfoto bersama dengan Bupati Kabupaten Asahan,Drs H Taufan Gama Simatupang MAP. (Foto: Jaenal)



MEDAN| HARIAN9
BPJS Ketenagakerjaan menargetkan 200 desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan (JSK) tahun ini. Sebelumnya Desa Sadar JSK ini telah dilaksanakan di beberapa daerah pada Tahun 2017 sebanyak 276 desa.

Untuk Sumatera Utara, Desa terakhir yang diresmikan sebagai Desa Sadar JSK adalah Desa Hessa Air Genting dan Sukadamai Barat di Kabupaten Asahan Sabtu (28/7/2018)di pendopo Kantor Bupati Sumatra Utara.

Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Eko Darwanto mengatakan, Program Desa Sadar JSK sendiri merupakan inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk bekerjasama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja di desa, agar lebih memahami manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

"Tujuan dibentuknya Desa Sadar JSK ini agar masyarakat Desa mengenal lebih dekat program-program BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga menimbulkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ini," imbuhnya.

Eko menambahkan, perlu ditumbuhkan kesadaran para perangkat desa untuk mensejahterakan masyarakatnya yang juga para pelaku ekonomi, antara lain dalam bidang: Yayasan/BUMDes, tenaga ahli/pendamping desa.

“Hal ini sejalan dengan Nawa Cita Presiden Jokowi poin 3, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara dan Kesatuan, serta poin 5 meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program "Indonesia Kerja" dan "Indonesia Sejahtera" dalam mendorong land reform serta Jaminan Sosial untuk seluruh rakyat di tahun 2019”ujarnya.

Ditamabahkanya,sangat mengapresiasi kepedulian Pemerintah Kabupten Asahan terhadap kesejahteraan masyarakatnya dengan mengimplementasikan desa sadar JSK.    

Kontribusi ini tentunya bukan hanya untuk menjalankan kewajiban sebagai penyelenggara negara melainkan bentuk hadirnya negara untuk merealisasikan hak hidup aman, nyaman dan sejahtera sebagaimana diamanahkan oleh Undang Undang Dasar 1945.

Sementra itu Bupati Kab. Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP mengapresiasi langkah positif ini. Desa Hessa Air Genting dan Desa Sukadamai Barat terpilih karena telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, salah satu diantaranya adalah telah terdaftarnya Kepala Desa dan perangkatnya pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Rangkaian kegiatan ini dihadiri  Deputi Direktur Wilayah; Umardin Lubis dan Deputi Direktur Perluasan Kepesertaan Cotta Sembiring.(jae9)




Komentar Anda

Berita Terkini