Bupati Sampaikan Nota Keuangan Ranperda P-APBD Tapsel TA 2018

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu didampingi Wakil Bupati Ir Aswin Efendi Siregar MM, menyerahkan dokumen RPAPBD Tapsel TA 2018 kepada Ketua DPRD Tapsel H. Rahmat Nasution S. Sos, bersama Wakil Ketua H. Naswardi Sialoho, SH dan Husin Sogot Simatupang, S.Ag, untuk dibahas pada rapat Paripurna DPRD di gedung DPRD Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane Kompleks Perkantoran Pemerintahan Bupati Tapsel, Sipirok, Senin (9/7). (Foto: Riswandy)



TAPSEL| HARIAN9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu ajukan nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RPAPBD) Kabupaten Tapsel Tahun Anggaran (TA) 2018 pada rapat Paripurna DPRD Tapsel untuk mendapatkan persetujuan bersama agar selanjutnya bisa ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) di gedung DPRD Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane Kompleks Perkantoran Pemerintahan Bupati Tapsel, Sipirok, Senin (9/7).

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Tapsel H. Rahmat Nasution S. Sos, bersama Wakil Ketua H. Naswardi Sialoho, SH dan Husin Sogot Simatupang, S.Ag, dihadiri anggota DPRD Tapsel, Wakil Bupati Ir Aswin Efendi Siregar MM, Kapolres Tapsel AKBP Muhammad Iqbal, SIK, M.Si, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM,  Sekretaris DPRD Darwin Dalimunthe, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Kabag dan Camat se-Tapsel.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, dalam Rancangan Perubahan APBD TA 2018 tersebut,  eksekutif mengajukan anggaran sebesar Rp.1.420.991.234.918.-, atau mengalami peningkatan sebesar Rp.160.993.276.674.-, atau mengalami peningkatan sebesar 12,77 persen dari APBD induk sebelumnya sebesar Rp.1.259.997.958.-

Bupati menambahkan, berbagai kemajuan yang dicapai Pemkab Tapsel di tahun 2018 dalam rangka mewujudkan visi Pemab Tapsel yang telah ditetapkan dan hendak dicapai yaitu dengan mewujudkan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tapsel yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kecerdasan, kreatif, berbudaya, sehat jasmani dan rohani, menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi, memelihara keamanan dan ketentraman serta memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Kemajuan lainnya yang dicapai yakni dengan mewujudkan  pertumbuhan  ekonomi yang optimal dengan titik berat sektor pertanian, melalui penguatan kelembagaan ekonomi dan   melalui pola pemberdayaan masyarakat, mewujudkan kepuasan masyarakat melalui tata kelola pemerintahan yang baik dengan prinsip partisipatif, penegakan hukum, tranparansi, kesetaraan, berwawasan kedepan, akuntabilitas, responsibilitas, profesional  dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara optimal dan berkelanjutan dan mengoptimalkan kualitas dan kapasitas infrastruktur ekonomi dan sosial dengan  tetap memelihara kelestarian lingkungan.

“Namun begitu, masih banyak pula pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan demi memenuhi harapan dan tuntutan  masyarakat, dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemkab Tapsel menuju perubahan ke arah lebih baik,“ tuturnya.

Syahrul berharap, melalui rapat Paripurna ini, kiranya nota keuangan Ranperda P-APBD Tapsel TA 2018 yang diajukan ini dapat diterima untuk dibahas guna mendapatkan persetujuan bersama dan ditetapkan menjadi Perda tentang P-APBD Kabupaten Tapsel TA 2018 sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama.

Sementara itu, Ketua DPRD Tapsel H Rahmat Nasution, S.Sos menyatakan, nota keuangan yang disampaikan oleh Bupati Tapsel akan dibahas bersama antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan tim anggaran eksekutif.

“Memperhatikan prioritas dari plafon anggaran 2018, diperlukan peningkatkan mutu dan kualitas APBD dengan memperhatikan aspek hukum, aspek penyusunan, aspek pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian,“ ujar Rahmat.

Usai menyampaikan sambutan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen RPAPBD Tapsel TA 2018 oleh Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu kepada pimpinan DPRD Tapsel untuk segera dapat dibahas. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini