Dandim 0824 Hadiri Halal Bi Halal Gabungan KBT dan MWC NU

Harian 9 author photo
(Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Bertempat di Aula Secaba Rindam V/Brw Jl Tidar Jember pada Sabtu (07/07/2018) Pukul 09.00 WIB Dilaksanakan acara Halal Bi Halal Hubul Waton Legiun Veteran Republik Indonesia, Pepabri, MWC NU Kecamatan Sumbersari, Kec Kaliwates dan Kec. Patrang.

Acara dihadiri oleh Dandim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, Mayor Inf Agus P Wadan Secaba mewakili Dansecaba Rindam V/Brw, Ketua Pepabri Jember, Ketua LVRI Jember , Ketua dan anggota PPM Jember, Ketua dan anggota FKPPI Jember dan anggota masing-masing organisasi terebut 350 orang.

Acara diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya, Tawasul dan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an kemudian sambutan ketua Panitia H Matsa’an yang pada intinya menyampaikan terima mkasih atas kehadiran tamu undangan sekalian wabil khusus Dandim 0824 dan Ketua PC NU Jember dalam acara Halal Bi Halal ini yang kami beri thema “Damai Itu Rahmat”.

Dan sengaja di Backdrop acara ini kita pasang spanduk dengan gambar Panglima Sudirman serta KH Hasyim Ashari karena beliau-beliau adalah diantara orang-orang yang paling berjasa terhadap berdirinya dan tegaknya NKRI merupakan hasil dari perjuangan Tentara dan Ulama yang bersatu bersama-sama  berjuang mengusir penjajah dari negri yang kita cintai bersama ini.

Selanjutnya Sambutan Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar yang merupakan Pembina KBT di Kabupaten Jember yang  menyampaikan bahwa ucapan terima kasih kepada panitia   atas terselengaranya acara ini yang bisa menyatukan antara Veteran, Pepabri dan MWC NU Kec Sumbersari, Kec Kaliwates dan Kec Patrang dalam satu acara Halal Bi Halal.

"Halal Bi Halal merupakan satu-satunya acara yang diselenggarakan oleh umat Islam yang ada di Indonesia, hanya ada di Indonesia acara ini, namun demikian dengan dilaksnaakan Halal bi Halal ini semoga mampu mempererat tali silaturahmi serta melebur kesalahan kita satu sama lainnya dan menjadikan kita membudayakan hidup saling memaafkan," kata Letkol Inf Arif Munawar.

Selanjutnya tiba pada acara inti ceramah agama terkait hasanah Halal Bi Halal yang disampaikan oleh Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin yang pada intinya menyampaikan bahwa Halal Bi Halal adalah salah satu produk Islam Nusantara, Mars Husbul Wathon dan Halal Bi Halal merupakan pemikiran  salah satu pendiri NU yaitu KH Abdul Wahab Hasbullah.

Pada Tahun 1948 dimana Presiden RI saat itu Ir Soekarno mengalami kegalauan dengan adanya beberapa faksi yang ingin mendirikan negara Islam, dengan kondisi tersebut KH Abdul Wahab Hasbullah menyarankan dilakukannya silaturahmi oleh Presiden Soekarno yang diistilahkan dengan Halal Bi Halal, karena pada saat itu masih pada bulan Syawal.

Lebih lanjut KH Abdullah Syamsul Arifin menegaskan bahwa makna dari Halal Bi Halal ini sendiri disamping membudayakan hidup untuk saling bermaafan juga mempererat tali silaturahmi kita, karena orang yang sering bersilaturahmi, orang yang selalu menyambung tali silaturahmi Allah SWT akan memperpanjang umurnya. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini