Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Dandim 0824: Pemberian Materi PBB dan Wasbang Adalah Bagian Dari Pemantapan Generasi Bangsa

Harian 9 author photo
(Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Pelajar dan generasi muda adalah bagian terpenting  dari warga negara, karena mereka adalah tunas-tunas bangsa yang sudah semestinya berhak mendapatkan pelatihan ketrampilan dan pemahaman terhadap  kondisi yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia diantaranya dengan dilaksanakannya pembekalan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan wawasan kebangsaan.

Perlu kita ketahui bersama bahwa sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 pasal 30 ayat 1 bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”.

Kemudian di Pasal 2 Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Sesuai dengan amanat UUD 1945 tersebut kiranya tidak adil kalau kita berharap warga negara atau masyarakat bahkan pemuda dan pelajar sebagai bagian penting dari warga negara untuk  ikut berperan dalam upaya pertahanan negara namun tidak diberikan pembekalan yang memadai terhadap pemahaman-pemahaman kedisplinan melalui PBB dan karakter melalui Wasbang yang memadai.

Seperti yang dilakukan disekolah-sekolah di Kabupaten Jember pada 19/07/2018 Pukul 07.00 Wib dalam acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang sebelumnya juga dikenal Masa Orientasi Sekolah (MOS) kepada siswa-siswi barunya yang dilakukan sejak beberapa hari yang lalu diberikan pembekalan PBB dan Wasbang dengan melibatkan TNI dalam hal ini Kodim 0824 Jember sebagai tenaga pematerinya.

Derasnya arus informasi di era global seperti saat ini dapat menjadikan ancaman bagi generasi muda apabila tidak mendapatkan dasar-dasar kedisiplinan serta wawasan yang memadai, berbagai pengaruh berkempang pesat dimedia sosial jangan sampai menjadi jebakan yang menghancukan generasi bangsa serta menghambat regenerasi.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar sangat mendukung dan mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan sekolah-sekolah pada acara MPLS menggandeng kita TNI untuk memberikan pembekalan.

Kalau pada hari-hari sebelumnya Letkol Inf Arif Munawar menjelaskan bahwa ini bagian dari pembekalan generasi muda sebagai kader-kader pemimpin bangsa, kemudian korelasinya dengan peran Pembinaan Teritorial sebagai tugas satuan kewilayahan, bahkan dirinya juga menegaskan bahwa hal ini juga dapat dikatakan sebagai upaya dalam memenuhi hak generasi bangsa dan masyarakat sebagai kompartemen pendukung pada pertahanan negara.

Untuk itu berterima kasih kepada pihak sekolah yang menyusun kegiatan MPLS ini dengan pembekalan PBB dan Wasbang, karena Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, di samping dalam rangka membantu kelancaran proses pembelajaran karena dengan tingkat kedisiplinan siswa akan mempermudah kegiatan pembelajaran siswa itu sendiri. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar  



Komentar Anda

Berita Terkini