Dipimpin AKP Ismawansa, SIK, Buronan Kasus Pembunuhan Dibekuk di Makassar

Harian 9 author photo
Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP Ismawansa,SIK, bersama anggota Reskrim memboyong SS, yang ditangkap dari tempat persembunyian dan pelariannya di Makassar Sulsel, Selasa (4/7) sekira pukul 17.00 WITA lalu.  (Foto : Ist)




PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Setelah diburu selama 2 bulan, akhirnya oknum Kepala Desa Siraga Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), SS (48) yang merupakan tersangka tunggal pembunuhan berencana terhadap korban seorang janda cantik Supianti  Harahap (37) warga desa Gunungtua Tonga kKcamatan Padang Bolak Kabuoaten Paluta ditangkap personil  Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) di tempat pelariannya di Jalan Lama  Dukelleng Buntu 4 Makasar Sulawesi Selatan, Rabu (4/7), sekira pukul 17.00 WITA.

Penangkapan dipimpin langsung  oleh Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Tapsel AKP. Ismawansa, SIK, berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/ 85/ V /2018 /Tapsel /TPS .Bolak/ Sumut tanggal 9 Mei 2018 dan ditindaklanjuti dengan Surat Perintah Penangkapan Nomor : SP.Kap/ 101/ Vll/ 2018/ RESKRIM tanggal 4 Juli 2018 atas tindak pidana pembunuhan dan atau penganiayaan yang mengakibatkan matinya seseorang yang terjadi pada 9 Mei 2018 sekira pukul 16.30 Wib di rumah kontrakan korban di Desa Sitopayan, Kecamatan Portibi Kabupaten Paluta.

Kapolres Tapsel AKBP. M Iqbal, SIK, M.Si, yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Ismawansa,SIK, Selasa (10/7) membenarkan penangkapan terhadap tersangka SS, yang saat ini masih menjabat sebagai Kades Siraga Kecamatan Dolok Kabupaten Paluta, yang diduga telah melakukan pembunuhan dirumah kontrakan korban seorang janda cantik Supianti  Harahap pada 9 Mei 2018 lalu.

Menurut jasat, usai membunuh korban yang merupakan Kepala Koperasi APKIN di Kabupaten Paluta, tersangka sempat melarikan diri selama dua bulan. Namun dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan hasil keterangan para saksi termasuk keterangan dari keluarga tersangka, diperoleh informasi bahwa tersangka SS melarikan diri dan bersembunyi di tempat temannya satu marga di Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Berdasarkan hasil penyelidikan, tersangka SS diketahui berada di Makassar Sulawesi Selatan. Selanjtnya kita membentuk tim dan berangkat ke Sulawesi Selatan dan disana kita langsung berkoordinasi dengan Unit Jatanras Polda Sulsel dan Jatanras Polrestabes Makasar dan bersama-sama menuju TKP dan menangkap tersangka di Jalan Lama Durelleng Buntu 4 Makasar, Selasa (4/7) sekira pukul 17.00 WITA.

Setelah diringkus, tersangka langsng dibawa ke Posko Jatanras Polda Sulsel dan selanjutnya tersangka dibawa ke Polres Tapsel. Namun saat diperjalanan tersangka mencoba melawan dan kabur sehingga petugas memberikan tindakan tegas dan terukur guna melumpuhkan tersangka, selanjutnya trsangka dibawa ke Rumah Sakit untuk dilakukan pengobatan.

Sementara barang bukti yang di sita dari tersangka yakni  satu unit Hp merk Nokia 105 warna putih, dompet warna coklat, KTP a/n Soleman Siregar, pakaian yang digunakan tersangka saat kejadian  dan satu bah ransel warna coklat.

“ Kami masih terus mendalami kasus ini sekaligus rencana tindak lanjut yang akan kami lakukan guna melengkapi berkas perkara, rekonstruksi perkara dan selanjutnya akan dikirim ke Jaksa Penuntut Umum, “ tutur Kasat. (Wan9)



Komentar Anda

Berita Terkini