Hasil Pleno Terbuka KPU Paluta, Paslon Bupati An-Har Menang Telak 80 Persen

Harian 9 author photo
Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP menyerahkan salinan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilbup Paluta kepada saksi Paslon An-Har dengan disaksikan oleh sejumlah pihak di aula Hotel Mitra Indah, Kamis (5/7) malam. (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Pasangan calon tunggal Bupati dan wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi-H Hariro Harahap SE MSi (An-Har) menang telak pada pelaksanaan Pilbup Paluta 27 Juni lalu.

Hal ini sesuai dengan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut serta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Paluta tahun 2018 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paluta, Kamis (5/7) lalu.

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP mengatakan bahwa proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pilgubsu dan Pilbup Paluta yang berlangsung selama dua hari sejak Rabu hingga Kamis (4-5/7) berjalan lancar dan aman dengan pengawalan ketat pihak keamanan yakni personil kepolisian dan TNI AD.

Dijelaskannya, dari hasil rekapitulasi tersebut diketahui paslon tunggal Bupati dan wakil Bupati Paluta yakni Andar Amin Harahap SSTP MSi-H Hariro Harahap SE MSi berhasil meraih suara sebanyak 86.915 suara dan kolom kosong meraih suara sebanyak 21.559 suara dari total suara sah sebanyak 108.474 dan untuk suara tidak sah sebanyak 4931 suara.

“Sesuai hasil rapat pleno terbuka, paslon Bupati An-Har berhasil unggul dengan persentase raihan suara 80 persen dari total suara sah,” katanya.

Lanjutnya, pengumuman hasil rekapitulasi perolehan suara ini bukan merupakan penetapan atau pengukuhan pemenang atas pelaksanaan Pilbup Paluta. 

Menurut Rahmat, pengumuman atau penetapan pemenang untuk Pilbup Paluta akan dilakukan oleh pihak KPU Paluta setelah adanya kepastian dari pihak Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ada atau tidaknya paslon atau pihak yang mengajukan gugatan.

“Pengumuman atau penetapan pemenang untuk Pilbup Paluta akan kita lakukan setelah menerima kepastian dan rekomendasi dari pihak MK sembari menunggu apakah ada pihak yang mengajukan gugatan sengketa hasil Pemilu,” jelasnya.

Terpisah, saksi dari paslon Bupati dan Wabup Paluta An-Har yakni Komaruddin Harahap membenarkan bahwa hasil pleno terbuka KPU Paluta sudah mereka setujui dan sudah diterima oleh pihaknya sebagai hasil rekapitulasi perolehan suara pada Pilbup Paluta yang dilaksanakan 27 Juni kemarin. 

Tambahnya, pihaknya merasa puas dengan hasil perolehan suara paslon An-Har yang diketahui mencapai persentase sebesar 80 persen dari total suara sah. (Kadek9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar Anda

Berita Terkini