Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Kejari Paluta Perubgati HBA Ke 58

Harian 9 author photo
Kajari Paluta Rizal S Nyaman SH MH didampingi Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH memotong tumpeng dalam rangka peringatan HBA ke 58 tahun 2018 di halaman kantor Kejari Paluta, Senin (23/7). (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Peringati Hari Bakti Adhiyaksa ke 58 tahun 2018, Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar upacara di lapangan Alun-alun Gunungtua, Senin (23/7).

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Kejari Paluta Rizal S Nyaman SH MH, turut hadir Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap diwakili Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH, Dandim 0212 TS diwakili Pabung Mayor Hasran Harahap, Kapolres Tapsel diwakili Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang SIk, Kacab Rutan Sangapta Surbakti, Muspika, OKP, Ormas beserta seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kejari Paluta. Bertindak sebagai komandan upacara yakni Kasi BB dan BR Fery M Julianto Sitanggang SH.

Kajari Paluta Rizal S Nyaman SH MH dalam amanatnya menyampaikan bahwa sesuai perintah Jaksa Agung, seluruh jajaran Kejari Paluta diminta untuk semakin meningkatkan sensitifitas atau kepekaan sebagai jaksa.

Jajaran pegawai kejaksaan khususnya jaksa di Kejari Paluta tidak saja diminta untuk melakukan tugas-tugasnya seperti penanganan perkara, tetapi dalam kehidupan dan perilaku sehari-hari, juga diminta menjaga profesi dan martabat dalam kehidupan bermasyarakat.

“Tetap jaga martabat profesi dengan terus menjalin silaturrahmi dan menjadi teladan ditengah masyarakat,” ujarnya.

Terkait dengan perintah harian dari Jaksa Agung sebagai pimpinan tertinggi, ia menyampaikan untuk penanganan perkara, tentunya akan dilihat bagaimana mengakselerasi antara pencegahan dan penindakan.

Katanya, kejaksaan harus tetap mengedepankan pencegahan daripada penindakan dan tidak harus mendahulukan kuantitas, namun harus melihat kualitas perkara.

“Maksudnya, kejaksaan harus mengedepankan pencegahan, kita menginginkan proyek-proyek yang menyangkut hajat hidup, khususnya masyarakat Paluta, kita minta dari awal ada transparansi dengan cara bersama-sama melaksanakan pengawalan dan pengamanan,” katanya.

Pada kesempatan ini, Kajari Paluta juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Pemkab Paluta yang selama ini telah terbuka dan terus berkoordinasi dalam menjalankan pemerintahan sehingga kondusifitas tetap terjaga dengan baik.

Terpisah, ketua Panitia peringatan HBA ke 58, Kasi Intel Sutan SP Harahap SH mengatakan bahwa sebelumnya Kejari Paluta telah melaksanakan rangkaian acara peringatan HBA  ke 58 diantaranya Sunatan massal untuk 100 anak kurang mampu, anjangsana ke panti jompo Ponpes Yaqubiyah, anjangsana ke rumah dan keluarga Purnaja, family gathering untuk meningkatkan jalinan silaturrahmi seluruh pegawai Kejari Paluta.

Kemudian, pelaksanaan doa dan dzikir bersama di kantor Kejari Paluta, turut serta mengikuti pelaksanaan pekan olah raga (POR) peringatan HBA di Kejari Panyabungan dan berhasil meraih peringkat II umum se Tabagsel serta yang terakhir pelaksanaan upacara dan potong tumpeng.

“Ada berbagai rangkaian acara yang sudah kita laksanakan dalam rangka memperingati HBA ke 58. Kita juga turut serta mengikuti POR peringatan HBA di Panyabungan dan berhasil meraih juara II umum se Tabagsel,” katanya.

Terkait penegakan hukum di kabupaten Paluta, dirinya berharap dapat terus ditingkatkan serta kerjasama dan keikutsertaan dari seluruh elemen masyarakat dalam penegakan supremasi hukum khususnya di kabupaten Paluta.

Katanya, sesuai dengan perintah dan atensi dari pimpinan yakni Jaksa Agung melalui Kajari Paluta terkait pelaksanaan proyek di kabupaten Paluta, ia menekankan bahwa apabila pelaksana proyek berbuat penyimpangan di proyek-proyek strategis pemerintah atau pekerjaan-pekerjaan menyangkut hajat hidup masyarakat, maka yang bersangkutan tidak ditolerir dan akan ditindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Pantauan, upacara peringatan HBA ke 58 tahun 2018 dirangkai dengan acara potong tumpeng serta pemberian hadiah doorprize dengan puluhan hadiah yang dimeriahkan dengan hiburan. (Kadek9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini